Ini Kendaraan yang Paling Efektif Kurangi Pencemaran Udara

Ilustrasi kabel charger baterai mobil listrik
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

Jakarta, 25 November 2023 – Sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh the International Energy Agency menunjukkan, bahwa sepeda listrik dan motor listrik telah menjadi jenis kendaraan yang paling efektif untuk mengurangi pencemaran udara di dunia.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Studi tersebut menemukan, bahwa e-bike telah mengurangi permintaan minyak mentah di dunia sebesar satu juta barel per hari, atau sekitar 1 persen dari total permintaan global. Jumlah ini empat kali lebih besar daripada pengurangan yang dihasilkan oleh mobil listrik.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, e-bike dinilai lebih efektif dalam mengurangi emisi karbon karena lebih murah dan mudah diadopsi oleh masyarakat luas. Kendaraan ini juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

"E-bike adalah solusi transportasi yang sangat efektif untuk mengurangi emisi karbon. E-bike lebih terjangkau dan mudah digunakan daripada mobil listrik, sehingga dapat diadopsi oleh lebih banyak orang di seluruh dunia,” ujar Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol.

VIVA Otomotif: Sepeda listrik Reevo tanpa jari-jari dipamerkan di IMOS 2022.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Studi IEA juga menemukan bahwa e-bike dapat berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi karbon dari transportasi perkotaan.

Menurut studi tersebut, jika perjalanan dengan e-bike mencapai 11 persen dari total perjalanan kendaraan, emisi karbon dari transportasi perkotaan dapat berkurang sekitar 7 persen.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan penggunaan e-bike. Menurut data Kementerian Perhubungan, jumlah sepeda motor di Indonesia saat ini mencapai sekitar 132 juta unit.

Dengan dukungan pemerintah dan industri, penggunaan e-bike di Indonesia dapat meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan.

Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk mendorong penggunaan e-bike, termasuk memberikan insentif pajak dan subsidi.

VIVA Otomotif: Motor listrik Alva Cervo

Photo :
  • Dok: IMG

Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan industri, penggunaan e-bike di Indonesia dapat berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kualitas udara di perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya