Apple CarPlay dan Android Auto Dianggap Tidak Aman

Apple CarPlay.
Sumber :
  • Apple

Amerika Serikat, 13 Desember 2023 – Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mendukung sistem konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto pada tahun 2024.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa keputusan ini diambil karena kedua sistem tersebut dianggap tidak aman untuk digunakan oleh para pengemudi mobil.

GM mengklaim, bahwa Apple CarPlay dan Android Auto dapat mendorong pengemudi untuk menggunakan ponsel mereka saat mengemudi.

Rupanya Hal Ini yang Buat Oki Rengga Emosi saat Mengantarkan Jenazah Babe Cabita

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Jalopnik, sistem-sistem tersebut memungkinkan pengemudi untuk mengakses aplikasi ponsel mereka melalui layar infotainment mobil.

Android Auto

Photo :
  • Digital Trends
Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Namun, GM berpendapat bahwa sistem-sistem tersebut tidak sempurna dan dapat mengalami masalah, seperti koneksi yang buruk, rendering yang buruk, respons yang lambat, dan koneksi yang terputus.

Ketika Apple CarPlay dan Android Auto mengalami masalah, pengemudi mungkin akan mengambil ponsel mereka kembali untuk memperbaiki masalah tersebut. Hal ini dapat menyebabkan pengemudi kehilangan fokus dari jalan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

GM mengatakan bahwa mereka akan mengembangkan sistem infotainment in-house mereka sendiri yang akan lebih aman.

Sistem tersebut akan menggunakan teknologi augmented reality untuk menampilkan informasi penting di depan mata pengemudi, sehingga mereka tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan.

Keputusan GM untuk menghentikan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto telah menimbulkan kontroversi. Banyak orang berpendapat bahwa sistem-sistem tersebut sebenarnya aman dan dapat membantu mengurangi penggunaan ponsel saat mengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya