Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Logo Honda
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Jakarta, 20 April 2024 – Parkir secara sembarangan merupakan perilaku yang bisa merugikan masyarakat dan pengguna kendaraan lainnya karena bisa menutup akses jalan.

Baru Saja Meluncur, Mobil Ini Sudah Laku Banyak Banget

Seperti yang baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video menunjukkan sebuah mobiil Honda HR-V parkir di jalan yang berukuran sempit dan menyulitkan pengendara mobil lain melintas

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @Drive_Experience, nampak jarak sisa untuk melintas sangat sempit. Beberapa mobil bahkan perlu dibimbing oleh masyarakat setempat supaya tidak menyerempet.

Terpopuler: Xpander Baru Lebih Irit, Mobil Terlaris di Indonesia Rp100 Jutaan

Kondisi ini juga dipersulit karena ada gorong-gorong di sisi kanan jalan, sehingga ada risiko terperosok jika salah bermanuver.

Bandara Ngurah Rai Siapkan 62 Lokasi Parkir Pesawat Delegasi World Water Forum Ke-10

Adapun sebenarnya, terdapat aturan terkait soal parkir di daerah Perumahan atau di jalur yang agak sempit. Hal ini tertuang di dalam Peraturan Pemerintah No.34 Tahun 2006 tentang Jalan Pasal 38.

"Setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 34, pasal 35, pasal 36, dan pasal 37 yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan," tulis pasal tersebut.

Adapun ruang manfaat jalan meliputi badan jalan, saluran tepi jalan, dan ambang pengamannya. 

Ruang manfaat jalan merupakan ruang sepanjang jalan yang dibatasi oleh lebar, tinggi, dan kedalaman tertentu yang ditetapkan oleh penyelenggara jalan yang bersangkutan berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Video yang direkam melalui dashcam mobil ini turut mendapatkan perhatian dari warganet. Banyak yang menyayangkan aksi dari pemilik mobil Honda HR-V berwarna putih ini.

"Sadar nggak ya kalau si putih udah dzolim. Kalau urusan dia didzolimi sama orang lain nggak mau kan?" kata warganet.

"Ada yang bilang srempet aja, ya mobil abu-abu ogah dong entar ikut lecet, kalau yang lecet putih doang gapapa kalau serempet otomatis mobil abu-abu ikut amsyong lecet dong," tulis netizen.

"Jujur yang parkir HR-V putih gak sayang sama mobilnya sendiri, tiap kali aku mau parkir di suatu tempat saya akan tanya diri sendiri dulu. 1. Posisi parkir menganggu kepentingan pengguna jalan gak? 2. Mobil aku entar kena serempet gak ama mobil lain," ungkap satu pengguna Instagram

"Mobil elit parkir sulit," tulis satu warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya