Gak Nyangka Mobil Ini Sekali Isi Bensin Bisa Beli Motor Bekas

Biaya Jeep Wrangler isi BBM
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Sebelum memiliki mobil ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya kemampuan untuk melakukan pengisian bahan bakar minyak, atau BBM. Karena setiap mobil punya spesifikasi berbeda-beda.

Bisa-bisanya Pemilik Fortuner Pelat Dinas TNI Ganti Pelat Hitam di Hari Libur

Menjaga kadar oktan sesuai rekomendasi pabrikan perlu dilakukan agar mesin tetap prima. Jangan sampai hanya mampu beli mobilnya, tapi untuk isi BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin tidak bisa dilakukan.

Ada saja pengguna mobil mewah, atau kelas menengah memanfaatkan BBM bersubsidi. Padahal dengan kandungan oktan yang lebih rendah membuat performa mesin menurun baik secara tenaga, atau efisiensi.

Daftar Mobil Bekas yang Dikira Mahal Padahal Murah, Bisa Menaikkan Gengsi

Selain itu, sebelum beli mobil pertimbangkan kemampuan Anda untuk mengisi BBM sesuai kapasitas tangki. Ada beberapa mobil terutama yang punya mesin besar, dan dimensi gambot punya volume tangki besar.

Diantaranya Lexus LX570, dan Jeep Wrangler, kedua mobil SUV bongsor tersebut untuk satu kali pengisian bahan bakar sesuai kapasitas tangkinya setara beli motor bekas.

Harga Eceran Pertalite Naik Jadi Rp13.000 per Liter

Seperti yang terlihat dari postingan video Instagram @street_motorsport, Lexus LX570 berwarna putih sedang melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina.

Lexus LX570 itu diduga lansiran 2018-2019 seperti yang terlihat dari desain lampu belakangnya. SUV besutan Jepang itu menghabiskan Rp1,8 jutaan saat pengisian BBM Pertamax Turbo mencapai 121 liter lebih.

“Sekali isi bensin full tank bisa buat beli nasi pecel 10 ribuan berapa bungkus nih? Sekali isi tangki full 120 liter, bisa buat isi motor bebek tangki full nih?,” tulis statusnya.

SUV yang kerap digunakan para pejabat, dan jenderal itu dipersenjatai mesin bensin delapan silinder, atau V8 berkapasitas 5.700cc. Tenaga maksimal yang dapat dimuntagkan mencapai 362 dk, dan torsi 530 Nm.

Sama seperti halnya Jeep Wrangler edisi bensin, melalui postingan Instagram @planet.jeep. Mobil gagah besutan Amerika Serikat tersebut juga memakan biaya jutaan rupiah untuk isi tangkinya sampai penuh.

“Mobil sebesar ini kalau isi bensin kira-kira ngabisin biaya berapa ya? Kita bakal coba isi bensin full mulai dari indikator bensin menyala, untuk bahan bakar mobil ini bisa Pertamax biasa RON 92, dan bisa juga RON 98 atau Pertamax Turbo,” ucap seseorang dalam video tersebut.

Dalam tayangan itu dijelaskan bahwa SUV tersebut bisa menampung BBM penuh di tangki mencapai 80 liter dengan berbekal mesin 3.600cc, dan konsumsi bahan bakarnya 5-6 km per liter. Dan total pengeluaran isi BBM Pertamax Turbo untuk Jeep Wrangler tersebut mencapai Rp1,16 juta.

Merangkum dari berbagai platform jual beli online, ada beberapa motor bekas yang harganya setara isi bensin kedua SUV tersebut, diantaranya Suzuki Smash, Kawasaki Kaze, Honda CS One, dan beberapa motor lawas lain dengan kondisi tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya