Seserahan Nikah Sering Pakai Mobil Mewah, Kini Pati Dijuluki Kampung Maling

Lelang mobil Jeep Wrangler Rubicon.
Sumber :
  • Lelang.go.id

Jawa Tengah – Dulu Kabupaten Pati, Jawa Tengah dikenal hedon, banyak orang nikah yang memberikan mobil mewah sebagai seserahan. Tapi sekarang, daerah itu dikenal sebagai kampung maling, tempatnya kendaraan bodong.

Lebih tepatnya di Kecamatan Sukolilo, Pati. Usai tewasnya bos rental mobil asal Jakarta kiini pihak kepolisian terus menelurusi, dan menggeledah wilayah tersebut. Sudah ada puluhan motor, dan motor disita lantaran tidak punya surat-surat.

Daihatsu Buka-bukaan soal Rencana Kenaikan Harga Mobil LCGC



Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, mengatakan, total saat ini petugas sudah mengumpulkan 33 motor, dan 6 mobil yang disita. Sebagian besar dari satu rumah sebagai penadah kendaraan bodong tersebut.

Terungkapnya kasus tersebut, kini citra Pati menjadi buruk di mata para pengusaha rental mobil, dan leasing, sehingga akan sulit buat mereka saat ingin sewa kendaraan, atau mengajukan kredit, baik itu motor ataupun mobil.

Padahal sebelumnya daerah itu dikenal banyak orang kaya raya, lantaran pihak mempelai pria banyak yang memberikan seserahan mobil mewah kepada calon istrinya. Sejumlah momen itu diunggah di media sosial, hingga viral.

Menurut rangkuman Viva Otomotif, ada 7 video, dan foto viral di jagat maya yang memperlihatkan seserahan warga Pati menggunakan mobil mewah, yaitu Toyota 86, Subaru BRZ, Honda HR-V, Toyota Raize, Mitsubishi Xpander, hingga Jeep Rubicon, dan motor Vespa Primavera.

Dari sekian banyak mahar mobil mewah yang diberikan untuk mempelai wanita, ada salah satu pasangan yang jadi sorotan. Karena sang pria harus berurusan dengan pihak kepolisian setelah memberikan Toyota Fortuner sebagai seserahan pernikahannya.

Pria itu diketahui bernama Ujok Budiyanto asal Desa Winong dan wanitanya bernama Mega Trisniani asal Desa Talun, Kecamtan Kayen, Pati. Sales salah satu diler Toyota yang menjual Fortuner tipe VRZ ke pria tersebut, ternyata tidak menyetorkan uang pembeliannya ke diler.

Kasus pada 2019 itu ditangani Kapolres Pati, AKBP Pol Jon Wesly Arianto. Dijelaskan bahwa sales DS (33) dari jaringan diler Toyota milik PT Nasmoco Pati itu menggelapkan uang dari transaksi pembelian Fortuner tersebut.

"Tersangka DS mencuri mobil dari perusahaan tempatnya bekerja. Tanpa sepengetahuan perusahaan, ia menjual mobil kepada Ujok dengan harga normal. Namun, uangnya tidak ia setorkan ke kantor, melainkan ia gunakan sendiri," ujar Arianto.

Diketahui harga mobil-mobil yang pernah dijadikan seserahan pernikahan tersebut cukup fantastis, yang termurah adalah Toyota Raize saat ini dilego mulai Rp238 juta, lalu Xpander harganya mulai Rp300 jutaan, HR-V mulai Rp383 juta, Fortuner mulai Rp570 juta, Subaru BRZ Rp800 jutaan, GR 86 Rp1 miliaran, dan Rubicon Rp1-2 miliaran.