Mengungkap Status Mobil Sport Tabrak Truk di Tol Dalam Kota

Porsche Cayman tabarak truk di tol dalam kota
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya

Jakarta – Mobil sport tabrak truk di jalan tol dalam kota dini hari tadi, Rabu 19 Juni 2024. Melalui unggahan akun X TMC Polda Metro Jaya, terlihat sport car itu masuk ke dalam truk dari bagian belakang hingga ringsek.

Sopir Bus Bawa Rombongan Unpam Kecelakaan di Tol Cipali Belum Bisa Diperiksa, Ini Alasannya

“01.40 telah terjadi kecelakan lalu lintas tunggal. Sebuah kendaraan mobil sport menabrak kendaraan truk bak besi di ruas Tol Dalam Kota KM 05+200 (Kuningan),” tulis statusnya.

Mobil sport dengan pelat nomor B 2031 PBV itu melaju dari arah barat, atau Semanggi menuju ke timur, atau Kuningan dengan menggunakan lajur satu. Sebelum GT Kuningan 2, mobil itu menabrak bagian belakang truk.

Identitas Korban Tewas dan Luka dalam Kecelakaan Bus Rombongan Unpam di Tol Cipali

Tidak diketahui kecepatan dari mobil tersebut hingga hilang kendali. Namun atas kejadian itu, pengemudi, TP (31) meninggal di lokasi kejadian. Sedangkan penumpang J (23) selamat, namun mengalami shock berat.

Jika mengungkap status mobil sport tersebut, dari desainnya sudah terlihat jelas Porsche, saat dicek dari pelat nomornya, yaitu B 2031 PBV, benar adanya bahwa sport car besutan Jerman itu Cayman lansiran 2011.

Bantah Rumor Eky Pacar Vina Masih Hidup, Fransiskus: Saya Lihat Jenazah Dimandikan

Porsche Cayman tersebut dibekali mesin bensin 6 silinder segaris berkapasitas 2.893cc natural aspirated, atau tanpa turbo, yang bisa memuntahkan tenaga maksimal 265 dk di 6.400 rpm, dan torsi 300 Nm di 4.400 rpm.

Tenaga buasnya itu disalurkan melalui transmisi matik 7-percepatan ke roda belakang. Sport car dengan enjin tengah itu bisa berlari dari diam ke 100 km per jam hanya 5,5 detik, dan kecepatan maksimalnya 265 km per jam.

Sebenarnya bukan tergolong sport car bertenaga besar, namun tetap saja jika kehilangan kendali bisa menjadi petaka bagi pengemudinya.

Mobil tersebut juga memiliki ground clearance yang rendah, sehingga tidak heran jika dia bisa masuk ke bagian bawah truk. Dimensi panjangnya 4.377 mili meter, lebar 1.801 mm, dan tingginya hanya 1.304 mm, sangat rendah.

Kemudian sport car dengan bobot 1,3 ton itu punya jarak poros roda depan ke belakang 2.415 mm, sudah cukup lebar, dengan posisi mesin di tengah sehrusnya titik gravitasi untuk pengendaliannya tergolong baik.

Belum lagi mobil besutan Jerman itu dibekali sejumlah fitur canggih untuk menunjang keselamatan, misalnya traksi kontrol agar lebih mudah dikendalikan ketika berakselerasi, karena traksi yang disalurkan ke roda disesuaikan.

Dalam kondisi bekasnya, menurut sejumlah platform jual beli online harga Porche Cayman 2011 itu sekitar Rp700-900 juta, tergantung kondisinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya