Tak Pakai Seat Belt, Paus Terancam Ditilang

Paus Benediktus XVI
Sumber :
  • cuttingedge.org

VIVAnews - Pemimpin Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI harus menghadapi tuntutan karena kedapatan tidak memakai sabuk pengaman selama lebih dari satu jam saat melakukan lawatan ke Freiburg, Jerman, September lalu.

Seperti dilansir ABC News dan Huffingtonpost, Minggu 3 Desember 2011, seorang anggota dari publik Jerman dilaporkan telah melayangkan gugatan terhadap Paus Benediktus XVI karena kedapatan tidak memakai sabuk pengaman.

Jika bukti video rekaman itu benar, Paus Benediktus XVI harus menghadapi denda antara US$ 40-3.340 atau sekitar Rp360 ribu-30 juta, karena melanggar aturan berlalu lintas di Jerman.

Selain rekaman video, penggugat juga menjadikan dua pejabat tinggi sebagai saksi mata atas pelanggaran tersebut. Termasuk Uskup Agung Freiburg (otoritas tertinggi Katolik Jerman) dan presiden dari negara bagian Baden-Wuerttemberg.

Pengacara penggugat, Johannes Sunderman mengatakan kepada surat kabar harian Jerman, Berliner Zeitung, bahwa kliennya melakukan gugatan lantaran peduli dengan keselamatan Paus Benediktus XVI.

Profil Francois Letexier, Wasit Kontroversial di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23

"Penggugat bukan sebagai fanatik anti-pendeta tetapi seseorang yang konsen terhadap keselamatan setiap pengguna jalan," tegas dia.

Namun, berbagai pihak menilai gugatan ini akan kandas. Pasalnya, Paus adalah kepala negara Vatikan, sehingga sangat dimungkinkan dia akan diberikan kekebalan diplomatik. (adi)

Prabowo Subianto hadiri acara PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Prabowo : Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024