Tuntutan Pasar Domestik, Toyota Motor Produksi Mesin Gasolin

Toyota Kijang Innova
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id
VIVA.co.id
GIIAS 2016 Dimeriahkan dengan Dua Mobil Konsep Lexus
- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara, kini memproduksi mesin mobil untuk varian Kijang Innova dan Fortuner. Namun, Toyota Motor Indonesia hanya memproduksi mesin tipe gasolin atau yang menggunakan bensin tersebut.

VIDEO: Teaser Mobil Konsep Mitsubishi Penantang Avanza

"Karena history-nya di domestik (Indonesia) kita lebih banyak (menjual) gasoline. Jadi Thailand pun untuk Fortuner ambil mesin bensin yang dibuat dari TMMIN. Jadi tukaran," Direktur Sunter Plant PT TMMIN, Toermadi Sujiargino, di Sunter, Jakarta, Minggu 17 Januari 2016.
Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016


Hari ini PT TMMIN kembali mengundang para awak media untuk meninjau ke pabrik pembuatan mesin mobilnya di Kawasan Sunter. Toyota Motor rencananya akan meluncurkan mesin-mesin baru buatan mereka pada tanggal 22 Januari 2016 mendatang.


Toermadi menambahkan, untuk jenis SUV Fortuner bermesin diesel diproduksi di Thailand. Toyota Motor Indonesia dengan alasan skala bisnis dan minat pasar hingga saat ini belum berencana memproduksi jenis tersebut.

 

Dari total pembuatan mesin yang mencapai 600 unit perbulan TMMIN mampu membuat mesin tipe 2TR untuk Fortuner sebanyak 70 persen sementara 30 persennya adalah mesin Kijang Innova bertipe 1TR.

 

"Idealnya mesin dibuat di sini, tapi kan yang dibuat di sini bukan cuma mesin saja, kalau dibuat casting investasinya besar juga," katanya. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya