Ban Canggih ini Diklaim Paling Sempurna di Dunia

Ban berteknologi graphene.
Sumber :
  • Vittoria

VIVA.co.id – Semua pabrikan otomotif, baik motor maupun mobil, berlomba-lomba membuat kendaraan yang sempurna. Namun, mereka tetap harus bergantung pada pabrikan lain, agar kendaraan yang mereka rakit bisa berjalan mulus di jalanan.

Bahaya Motor Jika Sering Parkir Pakai Standar Samping

Pabrikan yang dimaksud adalah produsen ban. Hal ini dikarenakan ban adalah satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Itu sebabnya, butuh pengembangan yang intens untuk karet berbentuk bundar ini.

Dilansir dari Popularmechanics, Rabu 16 Maret 2016, sebuah perusahaan ban sepeda asal Italia, Vittoria, mengklaim bahwa mereka berhasil mengembangkan sebuah ban yang sempurna.

Punya Motor Berteknologi ABS? Perhatikan Dahulu Hal Ini

Kunci utama dari ban yang diberi nama G+ ini adalah bahan baku graphene. Graphene adalah sebuah bahan yang tersusun dari senyawa karbon seukuran atom. Bahan ini memiliki kekuatan 100 kali lipat dari besi paling bagus yang ada saat ini.

Penemu graphene adalah Andre Geim dan Konstantin Novoselov dari Universitas Manchester, Inggris. Penemuan mereka tersebut mendapatkan penghargaan Nobel Fisika pada 2010 silam.

Jadi Surganya Mobil Listrik, Norwegia Tuai Pujian

Selain kuat, graphene juga lebih ringan dari karet yang biasa digunakan untuk pembuatan ban. Dan uniknya, jalinan graphene yang disusun menyerupai sarang tawon mampu mengubah kekerasan kompon ban.

Saat ban digunakan di jalur lurus, sisi yang menempel pada aspal akan mengeras, sehingga hambatan lebih kecil. Efeknya, kekuatan yang dibutuhkan untuk ban berputar menjadi sedikit lebih kecil.

Namun saat menikung, kekerasan kompon yang ada di sisi dinding ban akan melunak, membuat ban mencengkeram lebih baik pada aspal.

Sayangnya, belum diketahui, kapan teknologi ini akan diaplikasikan pada kendaraan bermotor. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya