Gaikindo: Tak Ada Monopoli di Pasar Mobil Nasional

KPPU mempertanyakan data penjualan mobil yang dirilis Gaikindo. Menurutnya data ini rawan konflik. Foto: SPG di pameran mobil di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Beberapa waktu lalu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha mempertanyakan data penjualan produsen mobil yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor. 

KPPU Beberkan Alasan Jakpro Tak Kena Denda di Kasus Persekongkolan Revitalisasi TIM

KPPU menganggap, data penjualan tersebut rawan terhadap konflik dan adanya persaingan tidak sehat antar produsen. 

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, setelah melakukan diskusi panjang, kini masalah tersebut sudah hampir terselesaikan.

KPPU Siap Hadapi Banding Jakpro soal Kongkalikong Revitalisasi Proyek TIM

"Bisa dikatakan beres. Data sudah mulai terkumpul lagi semuanya, Senin kemarin," katanya kepada VIVA.co.id

Yohannes menuturkan, sebetulnya pengumpulan data yang selama ini dilakukan terbilang sah dan tidak rawan terhadap konflik antar produsen. 

KPPU Soroti Dugaan Monopoli Tower BTS di Bali

"Terlebih, sekarang memang wajib mengumpulkan data, sesuai apa yang diminta Kementerian Keuangan dan juga Dirjen Pajak," ujarnya. 

Untuk itu, Yohannes berharap, ke depannya tidak akan ada lagi masalah yang sama. "Ya, mudah-mudahan tidak ada konflik lagi," tuturnya. 

Saat ditanya soal dugaan KPPU yang menjurus ke arah monopoli, Yohannes menolak dengan tegas. "Kalau yang soal monopoli, itu enggak. Itu kan hanya suara didengungkan ke mana-mana," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya