Daihatsu Hanya Ingin Jual 200 Unit Sirion per Bulan

All New Daihatsu Sirion 2018
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Daihatsu All New Sirion kini menjadi pilihan baru bagi konsumen yang menginginkan mobil perkotaan. Namun, PT Astra Daihatsu Motor tidak pasang target tinggi untuk mobil baru tersebut.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

"Target kami hanya ingin mempertahankan pasar yang saat ini Sirion sudah jual, sekitar 200-an unit per bulan," kata Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra di Jakarta, Selasa 13 Februari 2018.

Menurutnya, pasar city car di Indonesia tidak berkembang dengan baik. Tahun lalu, penjualan mobil mungil untuk perkotaan bisa tumbuh lantaran adanya produk-produk baru.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 19 Maret 2024

"Pasar city car di Indonesia boleh dikatakan tidak berkembang terlalu baik, dan pemainnya sangat banyak. Ada 11 pemain dan pasarnya hanya 3.000-an unit. Sirion sendiri hanya 200-an unit, dengan pangsa pasar ranking tiga atau empat," ujarnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, segmen city car mencatat penjualan wholesales (pabrik ke diler) sebanyak 32.047 unit sepanjang 2017.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Penjualan Daihatsu Sirion selama tahun tersebut mencapai 1.790 unit. Sementara, posisi pertama diisi pendatang baru, Suzuki Ignis, dengan angka penjualan 14.157 unit. 

Dengan catatan tersebut, berarti Ignis telah melewati target penjualan Suzuki, yang awalnya ditetapkan 2.000 unit per bulan atau 12 ribu unit per tahun.

Disusul oleh Honda Brio yang mencatat penjualan wholesales 10.580 unit dan Nissan March di angka 2.416 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya