Bernostalgia Bersama Bus Klasik di Jakarta

Pameran bus klasik di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Bagi Anda yang hidup di era 1960-an, pasti tidak asing lagi melihat bus-bus tua yang hadir dalam acara Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus), di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.

Mau Sewa Bus Klasik, Segini Tarif per Harinya

Incubus yang sudah terselenggara kedua kalinya ini menampilkan 10 bus klasik, yang saat ini tidak ada lagi di jalan-jalan Indonesia. Tahun perakitan bus-bus tersebut bervariasi, mulai dari 1960 hingga 1996.

Menurut pantauan VIVA, Jumat 23 Maret 2018, ada tiga bus klasik yang dipajang di luar area Hal B dan tujuh bus lain di dalam gedung.

Yuk, Naik Bus ke Jakarta agar Tak Macet

Pameran bus klasik di Jakarta

Bus tertua yang ada di pameran ini di antaranya Mitsubishi Fuso R Series 470 lansiran 1963, Hino AM Karavan buatan 1984 dan Mercedes-Benz Superior Coach lansiran 1971.

Cerita Menegangkan Bawa Bus Tua ke Jakarta

Koordinator penyelenggara pameran Incubus 2018, Ahmad Maimun Fikri mengatakan, acara ini digelar untuk mengingatkan, bahwa bus juga menjadi bagian dari sejarah di Indonesia.

Kata dia, bus klasik yang dipajang di pameran ini semuanya milik pribadi, dan tidak ada yang disewa.

"Semua yang ikut di acara ini berpartisipasi secara suka rela, kami juga enggak sewa," ujarnya kepada VIVA di PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran bus klasik di Jakarta

Menurutnya, masih banyak bus yang lebih tua dari 1960-an milik PO Sumber Alam di Indonesia. Sayangnya, beberapa sudah tidak bisa jalan dan butuh towing.

"Kami kan enggak pakai sponsor. Jadi, semua bus yang hadir di sini didatangkan dari tempat awal si pemilik," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya