Truk Masa Depan Tak Lagi Bertampang Sangar

Truk masa depan garapan Volvo.
Sumber :
  • carscoops

VIVA – Pengembangan teknologi dan fitur canggih bukan hanya dilakukan produsen otomotif pada kendaraan penumpang, tetapi di segmen kendaraan niaga. Salah satunya dilakukan Volvo, yang mendesain truk kontainer di masa depan.

5 Mobil Ini harus Ganti Nama Usai Peluncuran Resmi

Jika saat ini kontainer identik dengan desain kaku dan terlihat sangar, maka di masa depan tampilannya akan berubah. Sebab, produsen otomotif Swedia tersebut merancang truk kontainer canggih yang diberi julukan Vera.

Melansir dari Carscoops, Selasa 18 September 2018, versi produksi Vera telah diperlihatkan Volvo dalam sebuah acara di Jerman. Nantinya, truk kontainer canggih ini ditujukan untuk kendaraan angkut di area pelabuhan maupun pusat logistik besar.

Volvo Hadirkan Pusat Servis Canggih di Jantung Kota Jakarta

Wakil Presiden Otonom Solusi di Volvo, Mikael Karlsson mengatakan, Volvo menggunakan kendaraan otonom tanpa emisi gas buang dan tidak bising, selain itu operasi kendaraan niaga harus dilakukan kapan saja siang atau malam.

"Solusinya menggunakan infrastruktur jalan yang ada dan operator muatan, sehingga lebih mudah untuk menutup biaya dan memungkinkan integrasi dengan operasi yang ada,” kata Karlsson.

Toyota Alphard Dapat Saingan Baru, Mewah dan Super Canggih

Truk Kontainer Vera menggunakan jantung penggerak bertenaga listrik. Motor listrik yang dipakai, sama dengan yang truk Volvo pertama yang dikenalkan awal tahun lalu, yakni motor listrik 185 kW, dengan baterai lithium-ion 100 dan 300 kWh.

Dengan jantung penggerak tersebut Volvo Vera mampu melaju hingga jarak 300 kilometer. Tak hanya itu, truk canggih ini mampu menarik beban hingga 32 ton.

Truk Volvo Vera nantinya akan terhubung ke layanan dan pusat kontrol transportasi yang mengawasi kendaraan, termasuk posisi jalannya, jumlah muatan, persyaratan layanan, dan parameter lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya