Penjualan Daihatsu-Mitsubishi Kejar-kejaran

Daihatsu Terios Custom.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia memperlihatkan performa penjualan kendaraan roda empat di Tanah Air. Setidaknya ada beragam mobil yang ditawarkan, mulai dari sedan, SUV, MPV, hingga truk dari 29 jenama otomotif.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Persaingan antarpuluhan merek ini jelas membuat pasar otomotif semakin beragam. Meski demikian, data memperlihatkan merek-merek Jepang masih mendominasi penjualan produk otomotif. Data Gaikindo yang sudah diolah Astra Group memperlihatkan merek Toyota masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia.

Selama Agustus 2018, tercatat merek Toyota menjual 31.268 unit kendaraan di pasar otomotif domestik. Posisi dua diduduki oleh Daihatsu dengan pencapaian penjualan 17.510 unit. Angka ini sekaligus membuat penjualan Daihatsu lebih tinggi dari merek Mitsubishi.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Padahal sebelumnya, Mitsubishi merangsek ke posisi dua menyalip Daihatsu.

Mitsubishi, masih berdasarkan data penjualan Astra Group, per Agustus tercatat melakukan penjualan sebanyak 17.139 unit. Ini merupakan angka total dari Mitsubishi Motors (mobil penumpang) sebanyak 13.284 unit dan Mitsubishi Fuso (mobil niaga) 3.855 unit.

Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2022 Naik 38 Persen

Sementara untuk merek otomotif lainnya, seperti Honda meraih penjualan 14.862 unit, merek Suzuki 10.764 unit, dan merek Nissan 85 unit. Untuk produk otomotif dari Astra Group lainnya, Isuzu 2.606 unit dan Peugeot 10 unit.

VIVA Otomotif: Mobil terlaris di Indonesia September 2023

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan sebesar 6,3 persen dari bulan seb

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2023