Mobil Suzuki Ini Belum Berstandar Euro 4

Suzuki Carry Futura
Sumber :
  • Suzuki

VIVA – Pemerintah sudah menerapkan aturan emisi gas buang berstandar Euro 4 sejak 1 Oktober 2018, sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tapi, masih ada saja produsen mobil yang belum siap.

Jangan Anggap Sepele, Pentingnya Cek Kaki-Kaki Mobil

Salah satunya Suzuki. Seperti yang disampaikan Deputy Director Procurement PPC, QA and DD Division PT Suzuki Indomobil Motor, Shodiq Wicaksono. Dia mengatakan, semua mobil penumpang Suzuki sudah Euro 4, kecuali Carry Futura, baik versi van maupun pikap.

“Saat ini, Ertiga, APV, Karimun Wagon sudah Euro 4. Namun, kami mempunyai kendala, karena mesin yang digunakan Futura masih Euro 2. Untuk itu, kami mengajukan perpanjangan tetap menggunakan mesin itu hingga akhir Maret 2019,” ujarnya di Jakarta, Kamis 25 Oktober 2018.

Gak Nyangka, Ini Keuntungan Beli Mobil Suzuki Jelang Akhir Tahun

Menurutnya, bukan hanya Suzuki yang mempunyai masalah dengan produknya. “Kami melihat siaran pers Kementerian terkait, ada Mitsubishi, Nissan dan Daihatsu juga. Akhirnya, pemerintah memberikan relaksasi untuk beberapa kendaraan,” katanya.

Pabrik Suzuki

Mobil Baru Rakitan Dalam Negeri Siap Meluncur Tahun Ini

Sementara itu, Presiden Direktur SIM, Seiji Itayama mengelak, jika Suzuki disebut belum siap dengan aturan Euro 4 yang diterapkan pemerintah. Kata dia, mobil penumpang sudah siap semua.

“Pokoknya kami ikut arahan pemerintah, yaitu mulai Euro 4 dari bulan ini (Oktober). Cuma, komersial ditunda enam bulan dari sekarang. Jadi, maksud pak Shodiq bukan belum siap,” tuturnya.

Uji emisi di Kota Tangerang.

Catat, 14 SPBU di Jabodetabek Ini Gelar Uji Emisi Gratis

PT Pertamina Patra Niaga menginisiasi layanan uji emisi gratis di 14 titik SPBU wilayah Jabodetabek mulai 4 September 2023.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2023