Wajib Uji Emisi di Jakarta Gak Cuma Kendaraan Plat Nomor B Saja

Uji Emisi Kendaraan Bermotor
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA – Selain membayar pajak, pemilik kendaraan bermotor harus rutin melakukan pemeriksaan emisi gas buang untuk mobil maupun sepeda motor. Ini bahkan sudah diatur dalam Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 66 Tahun 2020.

Dokter Dipergoki Suami Selingkuh di Dalam Mobil, Singgung Anak Wakil Bupati

Kini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar uji emisi gratis. Lokasinya akan ada di beberapa wilayah di Jakarta dengan waktu yang berbeda, dan hari ini ada di sekitar jalan Pemuda, Jakarta Timur.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jakarta, Syaripudin mengatakan, uji emisi gratis itu merupakan salah satu kegiatan bentuk sosialisasi dari Pergub No. 66 tahun 2020 tentang uji emisi gas buang kendaraan bermotor, dalam rangka pengendalian kualitas udara di jakarta.

Kendaraan Niaga Berkepala Dua Bukan Sesuatu yang Mustahil

"Hari ini tahapan kegiatan tersebut, dan nanti 24 januari 2021 Pergub itu akan efektif dilaksanakan. Kami harap masyarakat Jakarta menyadari ada udara yang sehat, 70% kita tahu penyebab polusi dari kendaraan bermotor dan 30% dari sumber tidak bergerak," ujarnya di Jakarta, Rabu 6 Januari 2020.

Kewajiban uji emisi kendaraan bermotor itu kata dia, berlaku untuk semua kendaraan bermotor roda empat maupun dua milik perorangan. Jika tidak dilakukan, maka bisa dikenakan sanksi yang juga tertera dalam Pergub yang disahkan pada Juli 2020 lalu.

Gak Ada Takutnya, Maling Curi Mobil Dinas Brimob Polda Papua saat Parkir di Bandara Sentani

Adapun sanksi yang diberikan berupa pembayaran parkir tertinggi mengacu pada Peraturan Gubernur mengenai tarif layanan parkir, serta tilang oleh pihak Kepolisian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai lalu lintas dan angkutan jalan.

"Untuk semua kendaraan yang operasional di Jakarta baik yang plat nomor di luar jakarta ketika mereka beroperasi di DKI Jakarta, mereka punya kewajiban uji emisi. Sehingga mereka mengetahui emisi kendaraan bermotor di bawah baku mutu yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Angkot di Ciracas Jakarta Timur tabrak ojol dan penumpangnya

Sopir Angkot Ugal-ugalan Tabrak Ojol hingga Mobil di Jaktim, Begini Kronologinya

sopir angkot ugal-ugalan menabrak ojek online (ojol) hingga mobil yang lagi berhenti di kawasan Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024