Kendaraan Niaga Berkepala Dua Bukan Sesuatu yang Mustahil

Citroen Luncurkan Mobil 2 Kepala
Sumber :
  • Motor1

Prancis – Produsen otomotif asal Prancis, Citroen baru saja membocorkan ide yang tidak biasa untuk produk terbarunya, yang masuk ke dalam segmen kendaraan niaga. Menariknya, mobil ini didesain memiliki dua kepala.

Terpopuler: Xpander Baru Lebih Irit, Mobil Terlaris di Indonesia Rp100 Jutaan

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Motor1 pada Sabtu, 11 Mei 2024, Citroen meluncurkan gambar desain berupa van komersial atau van panel, bernama Citroen Relay berbasis Fiat Ducato.

Terlihat, gambar kendaraan niaga ini seperti hasil editan Photoshop, namun ternyata Citroen benar-benar memproduksi dan merakit mobil ini secara back-to-back atau menggabungkan dua van menjadi satu bagian.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 18 Mei 2024

Adapun, ide di balik Citroen Relay Back-to-back ini adalah untuk menurunkan biaya produksi dan pengiriman karena dengan menggabungkan dua van, perusahaan bisa menghemat biaya ruang pengiriman.

Kedua van tersebut disatukan pada struktur sementara untuk dipasarkan ke motorhome atau campervan dan kendaraan khusus seperti ambulans, serta layanan darurat.

Bukti Banyak Orang Tajir di RI, Mobil Miliaran Rupiah Ini Terjual Ribuan Unit

Citroen Luncurkan Mobil 2 Kepala

Photo :
  • Motor1

Lebih lanjut, Citroen berhasil menekan biaya produksi karena kendaraan ini dirakit tanpa penambahan gardan belakang.

Juga, mobil van ini menggunakan penggerak jadi tidak ada poros penggerak dari girboks ke poros belakang.

Hal ini akan memudahkan pihak ketiga yang akan membangun campervan menjadi lebih leluasa tanpa harus mengikuti bentuk asli Citroen Relay.

Berkaitan dapur pacu, Citroen Relay dibekali dua pilihan mesin yaitu Turbodiesel 3.000cc yang mengeluarkan tenaga 175 daya kuda dan torsi 400 Nm. 

Kemudian, ada juga varian bensin 3600cc DOHC 24 katup yang menghasilkan tenaga 280 dk dan torsi 353 Nm. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya