Beli Spare Part Suzuki Online, Pasangnya di Mana?

Suzuki XL7
Sumber :
  • vlix.id

VIVA – Setiap pengusaha otomotif tahu, bahwa menjual kendaraan tidak hanya bisa mengandalkan diler saja. Keberadaan bengkel juga penting, untuk memberi layanan purna jual pada konsumen yang membutuhkan servis dan pergantian suku cadang.

Polri Diminta Tangkap Pengusaha Pembuat Oli dan Sparepart Palsu Sepeda Motor

Berbeda dengan zaman dulu, kini para pemilik kendaraan bisa membeli suku cadang yang dibutuhkan secara online. Mendapatkannya tidak harus melalui bengkel resmi, namun juga bisa melalui toko onderdil yang banyak menjajakan dagangannya di internet.

Namun, perlu diingat bahwa membeli suku cadang selain di bengkel resmi berisiko mendapatkan barang yang tidak asli. Jika dipasang di kendaraan yang masih bergaransi, otomatis pabrikan tidak akan bertanggung jawab apabila nantinya kerusakan yang dialami menjadi semakin parah.

Penjualan Perlengkapan Otomotif Online di Indonesia Terus Meningkat

Selain masalah garansi, keuntungan lain saat membeli suku cadang atau aksesori yang dikeluarkan secara resmi oleh pabrikan adalah masa pakainya. Setiap komponen sudah melalui pengujian, untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan komponen lain untuk memastikan awet digunakan.

Baca Juga: Suzuki Jualan Spare Part Second Grade

Sparepart Sepeda Motor Jadi Bisnis Menggiurkan di Indonesia

Mendapatkan suku cadang asli kini juga tidak sulit, cukup melalui aplikasi yang disediakan oleh masing-masing produsen. Seperti Suzuki Indonesia, yang memiliki aplikasi MySuzuki, dan dapat dimanfaatkan untuk mencari onderdil resmi, terutama yang langka ketersediaannya.

“MySuzuki memang ditujukan untuk konsumen yang mencari spare part yang cukup sulit dicari. MySuzuki dapat memudahkan konsumen untuk mencari komponen slow moving,” ujar Spareparts Departement Head PT Suzuki Indomobil Motor, Christiana Yuwantie saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif Jumat 10 Juli 2020.

Lebih jauh Christiana menjelaskan, bahwa suku cadang yang dibeli dapat diambil di bengkel resmi, sehingga keasliannya terjamin. Selain itu, pemasangan juga wajib dilakukan di tempat.

“Dapat memilih diler yang dituju untuk membeli. Namun syaratnya, harus memasang harus di diler tersebut. Intinya, memilih spare part di aplikasi, membeli di diler dan juga memasang di diler tersebut,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya