Mengenal MPV Mewah Berplat 'Indonesia 1' yang Ikut di HUT RI ke-75

Alphard 'Indonesia 1' ikut rangkaian kendaraan Presiden di upacara HUT RI ke-75
Sumber :
  • Screenshot Youtube Sekretariat Presiden RI

VIVA – Ada pemandangan berbeda jelang upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75, Senin 17 Agustus 2020. Sebuah Toyota Alphard, turut masuk dalam iring-iringan kendaran Presiden yang menuju Istana Negara di Jakarta.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

Mobil keluarga mewah itu berbodi hitam, dan dipasangi bendera Merah Putih di bagian grille. Alphard tersebut mencuri perhatian karena memakai Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB/ plat nomor) yang dipasang bertuliskan 'Indonesia 1'.

Tak hanya itu, mengikuti protokol perjalanan Pimpinan Negara, mobil berperawakan bongsor itu mendapat pengawalan ketat mulai dari depan, sisi kiri dan kanan, sampai ke belakang selama perjalanan sampai masuk ke area Istana Negara.

Jokowi dan Gibran Tak Dianggap Kader Lagi oleh PDIP, Qodari: Kesalahan Fatal

Lantas, sekeren apa sih mobil tersebut sampai bisa ikut serta dalam rombongan kendaraan Presiden Joko Widodo? Diketahui Alphard masuk dalam jajaran produk yang dijajakan PT Toyota Astra Motor, dan merupakan produk yang diimpor secara utuh dari Jepang.

Baca juga: Ada MPV Mewah Pakai Plat Nomor 'Indonesia 1' Saat Upacara HUT RI ke-75

Jokowi Teken UU Desa, Kades Bisa Menjabat Maksimal 16 Tahun

Dari laman resmi Toyota Astra, diketahui Alphard ditawarkan untuk masyarakat Indonesia dalam enam pilihan varian. Untuk menebusnya, konsumen bisa menyiapkan dana mulai dari Rp997,85 miliar sampai dengan Rp1,95 miliar.

Ada dua pilihan mesin bensin yang ditawarkan untuk pelanggan, yakni tipe 2AR-FE berkapasitas 2.494cc dan 2GR-FE berkapasitas 3.456cc. Untuk Alphard bermesin 2.5 L, memakai transmisi otomatis CVT, sementara yang bermesin 3.5L dibekali transmisi 6 Speed A/T Sequential.

Kabinnya dibuat untuk menunjang kenyamanan penumpang, dengan pemakain jok captain seat yang dibekali pengaturan dingin dan hangat. Untuk privasi penumpang terdapat tirai di kaca pintu baris kedua, serta televisi dan panel AC digtial di plafonnya.

Jika melihat banderolnya, tentu saja mobil merek Jepang itu dibekali beragam perangkat keamanan mumpuni seperti  Toyota Safety Sense, tujuh airbag, blind spot monitor & rear cross traffic alert, tire pressure monitoring system, dan intelligent clearance sonar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya