Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Jika zaman dulu untuk menuju wilayah Jawa harus melalui jalan umum di wilayah Utara maupun Selatan. Kini tersedia pilihan akses Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) yang bisa dimanfaatkan pengguna mobil pribadi, maupun angkutan umum untuk mendapat waktu tempuh lebih cepat.

Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta: Ada MPV Mewah dan Hatchback Keren

Bahkan nantinya, pengguna Tol Cipali juga bisa mengakses ruas jalan tersebut untuk menuju Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati. Artinya, pengguna mobil semakin dimudahkan saat ingin menuju Bandara yang sempat viral karena dijadikan lokasi foto pra-pernikahan tersebut.

Jalur yang disiapkan untuk menuji Bandara Kertajati, akan terhubung dengan jalanan tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menyambungkan Kota Bandung dengan wilayah di sekitarnya.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo mengatakan, akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan jalanan Tol Palimanan, dimulai dari KM158+700. Total panjang jalannya mencapai kurang lebih 3.7 kilometer, dengan target pengerjaan selama 305 hari.

"Saat ini pekerjaan sudah land clearing dan penimbunan tanah, serta pondasi untuk jembatan,” ujarnya dalam keterangan resmi yang dikutip VIVA Otomotif, Kamis 19 November 2020.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

Pembangunan jalan tol Bandara Kertajati, merupakan proyek yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kementerian PUPR, dan sudah direncanakan sejak Mei 2017 sebagai penambahan lingkup Jalan Tol Cipali.

Proses pembuatan akses langsung jalan tol bandara baru itu, diketahui menelan biaya Rp692 miliar dengan kontrak kerja selama 12 bulan. Ditargetkan akses ini bisa dinikmati pengguna mobil atau lebih, mulai November 2021.

Baca juga: Mobil Audi Hantam Kaca Toko Roti, karena Rebutan Parkir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya