Ada Mobil Unik di IIMS 2021

FIN Komodo Bledhex
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2021 tidak hanya diikuti oleh para pabrikan besar saja, ada juga beberapa produsen berskala kecil yang turut meramaikan acara tahunan tersebut.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Salah satunya yakni PT Fin Komodo, perusahaan lokal asal Cimahi, Jawa Barat yang memamerkan produk terbaru mereka.

Diberi nama Bledhex, kendaraan tersebut wujudnya sama seperti produk Fin Komodo lain, namun sumber penggeraknya sudah menggunakan listrik murni.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Mobil berkapasitas dua orang ini memiliki penampilan ala kendaraan ATV, yang umum dipakai di medan offroad. Sebagian bodinya diberi pelapis, sementara bagian samping dan belakang sengaja dibiarkan terbuka.

“Unit Bledhex ini kami luncurkan di IIMS 2021. Risetnya dari 2013, dan baru dihadirkan tahun ini. Jarak tempuhnya 150 kilometer satu kali cas. Waktu pengecasannya sekitar 3 jam,” ujar Engineer Procurement Fin Komodo, Aviantra Karisma di JIExpo Kemayoran, Jakarta, dikutip VIVA Otomotif Senin 19 April 2021.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Aviantra menjelaskan, Bledhex dirancang untuk penggunaan di area pertambangan dan perkebunan. Torsi yang besar pada motor listrik, membuat kendaraan ini bisa menaklukkan berbagai jenis medan dengan mudah.

Dimensinya yakni panjang 3,4 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter. Keempat roda sudah dibekali dengan rem model cakram, dan kecepatan maksimumnya dibatasi hanya 40 km per jam saja.

Mengenai harga, Aviantra mengungkapkan bahwa per unit Bledhex dijual Rp300-350 juta. Peminat sudah bisa melakukan pemesanan, dengan membayar tanda jadi Rp10 juta.

“Unit akan mulai diproduksi akhir tahun ini. Nanti tanda jadinya juga bisa dikembalikan, jika tidak jadi membeli,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya