Tesla Made in China Makin Diminati Pembeli

Mobil Tesla.
Sumber :
  • Gizmochina.

VIVA – Selain di Amerika Serikat, Tesla memiliki pabrik produksi lain bernama Gigafactory di Shanghai, China. Bukan hanya untuk melayani permintaan domestik, kendaraan yang dibuat di sana juga dikirimkan ke berbagai negara di kawasan Asia, Amerika, dan juga Eropa.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Menariknya, meski tak diproduksi di pabrikan utama, namun mobil Tesla buatan China rupanya diminati konsumen dunia. Bahkan, selama Desember 2021 lalu, mereka penjualan mereka mencapai 70.847 unit kendaraan.

Disitat VIVA Otomotif dari Reuters, Rabu 12 Januari 2022, Asosiasi Mobil Penumpang China atau CPCA melaporkan, angka tersebut naik drastis dibandingkan bulan lalu yang hanya 52 ribuan unit. Bahkan, raihan itu menjadi yang tertinggi selama Gigafactory Shanghai didirikan.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Tesla Model S edisi 2021

Photo :
  • Tesla

Sepanjang tahun lalu, penjualan Tesla yang diproduksi di China mencapai 473.078 unit atau menyumbang separuh dari total penjualan Tesla global yang tembus 936 ribuan unit.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Direktur Pelaksana Sino Auto Insights yang berbasis di Beijing, Tu Le mengatakan, angka Desember menunjukkan bahwa merek Tesla di Cina tetap kuat dan secara operasional mengesankan, mengingat pabrik Shanghai hanya memiliki kapasitas produksi sekira 42 ribuan kendaraan per bulan.

"Mereka melebihi jumlah itu pada bulan Desember. Dan ini terlepas dari kekurangan chip semikonduktor dan baterai yang dialami oleh produsen kendaraan listrik lainnya,” kata Tu Le.

Diketahui, sejak setahun terakhir, pasar kendaraan listrik di China memang sedang tumbuh-tumbuhnya. Selain Tesla, merek lokal seperti BYD, Wuling, Nio dan Xpeng juga menyumbang penjualan tinggi sepanjang tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya