5 Mitos Mobil Rolls-Royce, Nomor 4 Mengejutkan

Rolls-Royce New Phantom
Sumber :
  • Dok: Rolls-Royce

VIVA – Rolls-Royce dikenal sebagai pabrikan otomotif, yang membuat mobil mewah serta sangat nyaman. Merek ini sudah berdiri selama lebih dari 100 tahun, dan menjadi favorit kaum ningrat serta selebriti.

Diam-diam Honda Civic Hybrid Hadir, Pakai Mesin dan Teknologi CR-V e:HEV

Ada banyak hal yang menjadi ciri khas mereka dan kerap jadi perbincangan, mulai dari payung yang tersedia di pintu hingga grafis pada bodi semua unit yang hanya dikerjakan secara manual oleh satu orang saja.

Saking tenarnya nama Rolls-Royce, membuat mereka tidak lepas dari beberapa mitos yang muncul di kalangan masyarakat biasa. Berikut daftarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Sabtu 26 Februari 2022:

2 Mobil Baru Mitsubishi yang Viral Segera Hadir di Indonesia

1. Logo terbuat dari perak asli
Ciri khas dari mobil Rolls-Royce salah satunya yakni logo di kap mesin, yang diberi nama Spirit of Ecstasy dan konon kabarnya terbuat dari perak asli. Namun, itu hanya ada di model produksi 1911 hingga 1914 saja.

Flying Lady pada mobil Rolls-Royce

Photo :
  • carscoops
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 22 Mei 2024

Saat ini bahannya memakai baja tahan karat, dan bisa dilapisi emas maupun kristal yang dapat bercahaya. Uniknya, logo ini tidak bisa dicuri karena akan masuk secara otomatis ke dalam grille, saat ditarik paksa.

2. Tidak pernah rusak
Meski dibuat dengan tingkat presisi yang sangat tinggi, bukan berarti semua mobil Rolls-Royce tidak akan rusak. Apalagi jika pemilik tidak melakukan perawatan. Selain itu, merek ini juga pernah harus menarik kembali beberapa unit karena ada cacat produksi pada seri Ghost dan Phantom.

3 Kabin begitu senyap, hanya suara jam yang terdengar
Setiap mobil Rolls-Royce dibekali dengan jam analog, yang diletakkan di dasbor. Ada beberapa orang yang mengatakan, ketika berkendara hanya detak jam itu saja yang terdengar.

Perusahaan otomotif asal Inggris ini memang begitu mementingkan kenyamanan di dalam kabin, mereka bahkan memasang peredam suara yang bobotnya mencapai 100 kilogram. Meski demikian, suara mesin tetap terdengar saat pedal gas diinjak dalam-dalam.

Kabin New Rolls-Royce Ghost Extended

Photo :
  • dok. Rolls-Royce

4. Penyejuk kabinnya setara 30 kulkas
Setiap pemilik Rolls-Royce tentu tidak ingin berkeringat saat berada di dalam kabin. Namun saking dinginnya, muncul mitos yang mengatakan bahwa kekuatan AC mobil tersebut setara 30 kulkas. Sayangnya, hal itu hanya gimmick belaka.

5. Tidak pernah jadi taksi
Di beberapa negara, pemandangan mobil Mercedes-Benz dan BMW dijadikan sebagai taksi menjadi hal yang biasa. Demikian pula dengan Rolls-Royce, meski peruntukannya yakni bagi tamu hotel tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya