Daimler Siapkan Armada Truk dan Bus Euro 4

Mercedes-Benz Axor Test Drive
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Pemerintah Indonesia telah menerapkan peraturan untuk standar emisi Euro 4 pada kendaraan baru bermesin diesel, terhitung mulai 12 April. Banyak produsen otomotif turut mendukung penerapan tersebut, salah satunya Daimler Truck.

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Perusahaan otomotif asal Jerman itu menyiapkan armada baru mulai dari truk hingga bus dengan mesin ramah lingkungan. Nantinya produk tersebut akan resmi diperkenalkan pada 7 Juni 2022 mendatang.

President Director PT Daimler Vehicles Commercial Indonesia, Jung-Woo Park mengatakan mereka tetap optimis untuk mendukung upaya pemerintah, terutama dalam penerapan emisi Euro 4 di Indonesia.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

“Melalui armada baru ini sebagai salah contoh bentuk usaha kami dalam menyambut standar emisi di Indonesia, dengan menggunakan mesin terbaru yang lebih ramah lingkungan,” ujar Jung-Woo dalam acara media gathering, dikutip VIVA Otomotif Rabu 13 April 2022.

Diketahui, produk yang disematkan dukungan Euro 4 itu adalah Mercedes-Benz Axor. Nantinya kendaraan tersebut menggunakan teknologi mesin Unitized Pump Direct Injection dan Selective Catalytic Reduction (SCR). 

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Kedua teknologi tersebut merupakan pengendalian sisa pembakaran yang mampu mengurangi 80-96 persen emisi NOx. Mereka mengklaim, produksi terbarunya ini memiliki bahan bakar yang tinggi dan hemat perawatan.

Truk Mercedes-Benz Axor 2523R

Photo :
  • VIVA/Pius Mali

Dalam kesempatan sama, Sales Trainer PT Daimler Vehicles Commercial Indonesia, Bimo Nuswantoro menjelaskan beberapa keunggulan dari Mercedes-Benz Axor mulai dari daya tahan, keselamatan, hingga mekanik.

“Berbicara keunggulan, produk kami memiliki kuncinya yaitu pada teknologi terbaru yang membuat kinerja mesin lebih optimal. Ditambah terdapat pula Zero Pressure Drain Unit Pump yang dapat menurunkan secara signifikan resiko rembesnya bahan bakar ke oli,” jelas Bimo.

Selain kedua teknologi tersebut, ada satu cairan yang dipakai pada kendaraan terbarunya ini yakni AdBlue. Perlu diketahui, cairan tersebut berisi urea sebesar 32,5 persen dan air de-ionzed 67,5 persen.

“Adanya AdBlue pada produk terbaru kami tidak akan menambah beban operasional. Hal itu dikarenakan konsumsi rata-ratanya hanya sekitar 3 sampai 5 persen dari konsumsi bahan bakar,” tambah Bimo.

Selain irit bahan bakar, mesin yang digunakan dari Axor ini bernama OM 906 LA. Digadang-gadang mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 175 hingga 210 kW dengan torsi maksimal 1120 Newton meter. 

Sedikit informasi, karena kendaraan barunya ini masih dalam proses perkenalkan. Daimler Commercial Vehicles Indonesia masih enggan memberitahu mengenai harga yang ditawarkan untuk satu unit terbarunya tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya