Mudik Lebaran Kembali Pecahkan Rekor

One way di tol Cikampek
Sumber :
  • Twitter Kolektorbatu

VIVA – Tidak hanya mencatat rekor lalu lintas tertinggi menuju arah timur yang melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, data PT Jasa Marga juga memperlihatkan peningkatan lalu lintas mudik lainnya di tahun ini.

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

Kali ini, rekor tertinggi lalu lintas mudik tercatat sebanyak 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah, yaitu Timur via Trans Jawa dan Bandung, Barat arah ke Merak dan Selatan menuju Puncak. Data itu dicatat pada H-10 hingga H-1 Lebaran.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan bahwa angka tersebut naik 9,5 persen jika dibandingkan dengan Lebaran 2019 lalu.

Urai Kepadatan Lalu Lintas di Tol Jagorawi, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Arah Jakarta

“Jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode November 2021 yang merupakan lalu lintas tertinggi saat pandemi, kendaraan yang melintas di periode mudik tahun ini naik 18,6 persen,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Rabu 4 Mei 2022.

Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek.

Photo :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat
Hyundai Gowa Sediakan Fasilitas Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

Tujuan yang menjadi favorit pemudik yakni arah timur via Jalan Tol Trans Jawa, yakni sebanyak 53,8 persen dari total pemudik. Sementara itu, 27,6 persen menuju arah Merak dan 18,7 persen menuju arah Puncak.

Melihat tingginya lalu lintas mudik, Heru mengimbau masyarakat yang saat ini tengah berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

“Periode arus balik sendiri memiliki jumlah hari yang cukup pendek jika dibandingkan dengan arus mudik. Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022, maka peningkatan lalu lintas serentak secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya