Siap-siap Bakal Ada Ban Kendaraan Didesain tanpa Udara

Ban mobil
Ban mobil
Sumber :

VIVA  – Beberapa kendaraan pasti memiliki ban yang berfungsi sebagai penggerak. Umumnya benda tersebut dipompa oleh angin agar tidak kempes. Namun, seiring teknologi saat ini ada ban yang tidak perlu menggunakan angin.

Melalui uji coba dari Goodyear di Eropa, tepatnya Luksemburg. Mereka menempatkan produsen Tesla yang menjadi bahan percobaan dengan ban yang tidak di isi oleh angin. Komponen penting itu di desain menggunakan jari-jari yang menjaga roda tetep kokoh. 

Dikutip VIVA Otomotif dari JapanToday, Senin 23 Mei 2022, ada pun tatangan yang harus dipenuhi oleh mereka yakni ban harus menompang bobot mobil dan menyerap guncangan ketika berjalan. Beberapa peneliti di sana menerima tatangan tersebut dengan mengakali struktur karet pada ban yang dapat menahan tekanan besar.

Penampakan ban tanpa udara

Penampakan ban tanpa udara

Photo :
  • AFP

Pemimpin Penelitian Goodyear, Michael Rachita mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan uji coba terhadap ban yang dibuatnya. Alhasil, benda itu mampu menempuh jarak sejauh 120.000 kilometer (75.000 mil) dengan kecepatan 160 daya kuda. 

“Kelebihan dari ban yang kami buat adalah anti bocor. Pengendara bisa melewati tantangan apa pun termasuk benda tajam seperti paku dan tidak kehilangan kinerja,” ungkap Michael.

Dia memberitahu manfaat dari ban ini yaitu akan bebas perawatan bagi pengemudi. Hal itu dikarena benda ini tidak perlu memeriksa dan menyesuaikan tekanan udara. Untuk penggunaanya juga akan merasakan keringanan dan lebih halus ketika berkendara.