Krisis Semikonduktor Menguntungkan Mobil Bekas

Deretan Mobil Bekas di Showroom Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Saat ini, kelangkaan chip semikonduktor membuat beberapa produsen mobil terhambat proses produksinya. Diketahui, komponen itu berfungsi untuk meningkatkan penggunaan teknologi konektivitas pada mobil modern.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Meski produsen mobil sedang memutar otak akibat kelangkaan kompenen terhadap produksinya. Namun, hal itu malah menjadi momen baik bagi showroom mobil bekas di Indonesia.

Presiden Direktur Mobil88, Naga Sujady mengatakan bahwa adanya krisis chip semikonduktor yang melanda di pasar otomotif seluruh dunia terkait mobil baru memberikan pengaruh baik terhadap penjualan mobil bekas.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Narasumber di Sera Grup Media Gathering

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

“Sekarang terjadi krisis semikonduktor yang menghambat mobil baru dan ini kami manfaatkan momenya untuk penjualan mobil bekas. Jadi, tentu momen ini akan kami maksimalkan,” ungkap Naga di Senopati, Jakarta, dikutip VIVA Otomotif Selasa 31 Maret 2022.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas

Diketahui, kebanyakan dari para konsumen di industri otomotif Tanah Air tidak mau menunggu waktu yang lama dalam membeli mobil baru. Digadang-gadang saat ini jika pelanggan membeli kendaraan baru membutuhkan waktu berbulan-bulan, paling cepat dua bulan.

“Banyak dari beberapa konsumen kami yang enggak mau kelamaan menunggu dan mereka mencari alternatif lain dengan mencari mobil bekas,” tambahnya.

Oleh karenanya, penjualan mobil bekas di Indonesia saat ini sedang meningkat. Apalagi harga yang ditawarkan lebih terjangkau daripada mobil baru. Banyak dari pelanggan yang mencari mobil bekas jenis MPV dan SUV untuk kebutuhan aktivitasnya.

Naga memberitahu di Mobil88 yang menjual beragam mobil bekas mengalami peningkatan pendapatan. Sejauh ini untuk penjualan pada periode Januari hingga April di tahun ini meningkat mencapai 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Selain itu, dia juga mengungkapkan adanya tren penjualan yang positif itu dibarengi dengan faktor lainnya, salah satunya diperbolehkan mudik di tahun ini. Hal itu didorong oleh pemerintah yang memperbolehkan masyarakatnya untuk berlebaran di kampung halaman.

“Adanya kebijakan pemerintah mengenai mudik di tahun ini membuat mobil bekas mengalami peningkatan penjualan, hal itu didukung barang yang ditawarkan ada dengan kondisi siap pakai,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya