Mengemudi Citroen Ami Tak Perlu Punya SIM

Mobil listrik mungil Citroen Ami
Sumber :
  • Paultan

VIVA Otomotif – Citroen Ami punya desain berbentuk mobil dengan dimensi mungil, di Prancis Citroen Ami merupakan kendaraan yang ramah lingkungan. Uniknya di negara tersebut, untuk mengendarai mobil mikro seperti Citroen Ami tak perlu menggunakan SIM alias Surat Izin Mengemudi.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Seperti dikutip dari Deutsche Welle, Kamis 7 Juli 2022, seorang remaja putri bernama Gersende berusia 15 tahun menggunakan Citroen Ami sebagai alat transportasi sehari-hari.

"Aku terlalu muda untuk memiliki SIM, tapi aku bisa mengendarai Ami karena bisa dikendarai mulai dari 14 tahun," bilang Gersende, wanita yang tinggal di Brittany, Prancis.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Citroen Ami desainnya seperti mobil mungil. Punya empat roda, serta body, dan atap yang melindungi penumpang. Cara menyetirnya lewat kemudi bulat seperti di mobil, tapi Citroen Ami masuk dalam kategori sepeda roda empat.

Citroen Ami

Photo :
Terpopuler: Pajak Tahunan Innova Zenix Hybrid, Bocah 5 Tahun Bawa Mobil PLN

Artinya tidak perlu punya SIM untuk mengendarainya di wilayah Uni Eropa. Di sisi lain, kecepatan maksimal hanya 45 km/jam (27,9 mph) dan memiliki tenaga maksimal 8 daya kuda.

Masing-masing negara punya regulasi sendiri, Gersende yang tinggal di Prancis tidak perlu memiliki SIM untuk mengendarainya. Di negaranya Gersende, Citroen Ami bisa dikendarai dari umur 14 tahun, tapi di Inggris hanya boleh umur 17 tahun dan perlu memiliki SIM.

Pasalnya di Perancis, mobil mikro seperti Ami Cargo dapat dikendarai oleh siapa saja yang lahir sebelum 31 Desember 1987, tanpa SIM. Orang yang lahir pada atau setelah tanggal 1 Januari 1988 dapat mengemudi tanpa SIM jika telah lulus uji keselamatan lalu lintas dan memiliki sertifikat keselamatan lalu lintas (lisensi AM).

Selain itu, di Prancis, lisensi AM dapat diperoleh mulai usia 14 tahun, sehingga izin untuk mengendarai microcar seperti Ami mulai usia 14 tahun.

"Ini memberikan aku kebebasan, misalnya, saat saya ingin pergi ke suatu tempat tapi orang tua tidak bisa mengantarku," jelas Gersende.

Ami Citroen dibekali baterai lithium ion dengan kapasitas 5,5 kWh. Mobil ini bisa menempuh jarak hingga 46,6 miles atau sekitar 74,4 kilometer. obil ini bisa menampung hingga dua orang penumpang, termasuk pengemudi. Sementara untuk pengisian penuh dari nol ke 100 persen butuh waktu 3 jam.

Citroen Ami juga memiliki desain yang compact alias mungil. Panjangnya hanya 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.525 mm. Lebih mungil dari mobil mini EV. Menyoal harga, Citroen Ami dijual mulai dari 7.790 Euro atau jika dikonversi maka nilainya sekitar Rp 120 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya