Duh, Mobil KIA dan Hyundai Mudah Dicuri Cuma Bermodal USB

Seremoni peluncuran logo baru Kia mobil untuk pasar otomotif dunia.
Sumber :
  • Kia

VIVA Otomotif – Mobil KIA dan Hyundai mulai dikaitkan dengan pencurian yang saat ini sedang viral di Amerika Serikat. Di mana, mobil dari kedua merek tersebut bisa dengan mudah dibobol dengan menggunakan kabel USB.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Parahnya percobaan pencurian tersebut ramai diunggah di TikTok dengan tagar #KIAChallenge. Nampak dalam video bila aksi pencurian itu hanya sederhana dalam menggondol mobil-mobil buatan Korea Selatan itu.

Di mana, cukup membuka tombol Engine Start Stop atau lubang kunci mobi yang ada di mobil KIA dan Hyundai. Usai terbuka langsung memakai USB dan mencolokkannya ke slot yang ada.

Kia Bakal Luncurkan Mobil Listrik Harga Terjangkau Tahun InI

Melansir dari Motor1, Jumat 5 Agustus 2022 bila mobil-mobil KIA dan Hyundai yang jadi target pencurian mobil KIA buatan 2015 ke atas dan mobil-mobil Hyundai tahun produksi 2015 ke atas. Tak disebutkan kenapa ada slot USB di lubang kunci dan engine start stop.

Kendaraan yang terkena dampak diduga tidak memiliki mesin immobilizer, menurut Automotive News . Hal ini memungkinkan untuk mencolokkan kabel ke tempat tertentu dan memulai pembangkit listrik tanpa memerlukan kunci atau fob.

Terpopuler: Pak Ogah Tertabrak Mobil, Hyundai Baru Rp130 Jutaan di Diler

Sekelompok orang yang menggunakan nama "Kia Boys" di media sosial dilaporkan memposting video pencurian model Hyundai dan Kia yang terkena dampak. Mereka kemudian menunjukkan diri mereka bersenang-senang di kendaraan ini.

Dengan kejadian ini, tingkat pencurian mobil Hyundai dan Kia meningkat drastis. Terutama di wilayah Milwaukee, Wisconsin, pada 2021 naik 2.644 persen dari tahun sebelumnya, seperti dilansir TMJ4 News.

Pada September 2021, polisi mengindikasikan bahwa 20 model yang terkena dampak dicuri setiap hari. Masalahnya tidak hanya di kota ini, karena tempat-tempat lain di seluruh negeri melihat peningkatan laporan model-model ini dicuri.

Saat ini, kendaraan Hyundai dan Kia baru memiliki engine immobilizer yang berarti bahwa masalah ini tidak memengaruhi mereka. Hyundai Motor Amerika pun memberi tanggapan akan fenomena pencurian ini.

"Hyundai Motor Amerika prihatin dengan meningkatnya pencurian mobil lokal. Keselamatan dan kesejahteraan pelanggan kami dan masyarakat adalah dan akan tetap menjadi prioritas utama kami," kata juru bicara Hyundai Amerika.

"Kendaraan ini memenuhi atau melampaui Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal dan immobilizer adalah perlengkapan standar. pada semua kendaraan baru Hyundai. Pelanggan Hyundai yang memiliki pertanyaan selalu dapat menghubungi Pusat Bantuan Konsumen Hyundai," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh KIA dengan meminta para konsumen untuk datang ke diler resmi demi mendapat bantuan pengamanan. KIA juga memastikan mobil-mobil sudah dilengkapi dengan immobilizer dan teknologi keamanan.

"Seluruh mobil KIA produksi baru sudah dilengkapi dengan immobilizer sebagai penambahan teknologi keamanan. Semua mobil yang kami pasarkan di Amerika Serikat telah memenuhi standar dan ketentuan yang telah ada," tulis keterangan resmi KIA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya