Polri Siapkan Rp66 Miliar untuk Mobil Listrik di KTT G20

Mobil listrik Polri yang akan digunakan di KTT G20
Sumber :
  • Instagram Dirgaktib Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan

VIVA Otomotif – Mobil listrik popularitasnya mulai meningkat di Indonesia, seiring dengan semakin gencarnya pemerintah mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan bebas emisi tersebut.

Jokowi: Indonesia Bisa Produksi 1,6 Juta Motor Listrik, tapi Baru 100 Ribu Unit

Bahkan belum lama ini Presiden Jokowi meneken Instruksi Presiden nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Kendaraan listrik juga digunakan sebagai alat transportasi di acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20, yang akan diadakan di Bali pada November mendatang.

Momen Fortuner Korekan Balap Dipermalukan Mobil Listrik Standar

Berbagai pihak akan memakai mobil dan motor listrik pada acara tersebut, termasuk Polri yang sudah menyiapkan armada khusus untuk pengamanan dan pengawalan para delegasi.

Motor listrik Polri untuk pengamanan KTT G20

Photo :
  • Instagram Dirgaktib Korlantas Polri, Brigjen Pol Aan Suhanan
Tak Banyak Tombol Fisik di Cloud EV, Ini Kata Wuling

Sebelum diterjunkan di Pulau Dewata, puluhan personel yang bertugas mengemudikan kendaraan listrik itu terlebih dahulu menjalani latihan di Indonesia Safety Driving Centre, Pusdiklalantas, Serpong, Banten.

Asops Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi mengungkapkan bahwa pelatihan digelar untuk memastikan setiap personel bisa mengoperasikannya dengan baik.

“Ada 94 motor listrik dan 88 mobil listrik yang bakal digunakan untuk pengamanan acara KTT G20,” ujarnya dikutip dari laman NTMC Polri, Selasa 20 September 2022.

Dari laporan di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik milik Polri, diketahui bahwa untuk motor listrik disediakan anggaran sebesar Rp83.325.704.000 yang dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara alias APBN 2022.

Sementara itu, untuk mobil listrik anggarannya yakni Rp66.822.360.000 yang dananya juga didapatkan dari APBN 2022.

Mobil listrik yang digunakan oleh Polri untuk pengamanan acara KTT G20 diketahui adalah Hyundai Ioniq Hatchback, yang dipasarkan di Tanah Air dengan harga mulai dari Rp682 juta on the road DKI Jakarta.

Dalam satu kali pengecasan yang membutuhkan waktu 17 jam 30 menit jika memanfaatkan listrik rumah 2.200 Watt, mobil ini sanggup menempuh jarak 200 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya