Brand China Ini Popular Setelah Jualan Mobil Listrik di Indonesia

VIVA Otomotif: Wuling Air ev KTT ASEAN 2023
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

Jakarta – Mobil listrik menjadi jawaban pemerintah dalam menekan emisi gas buang, dan demi mencapai netralitas karbon yang ditargetkan 2060. Saat ini sudah cukup banyak produsen yang menawarkan mobil listrik.

Wuling Air ev Jadi Mobil Listrik Pilihan Favorit Generasi Z

Mobil pelahap seterum yang beredar di Indonesia jenisnya cukup beragam, dengan spesifikasi berbeda-beda, mulai dari city car, hatchback, SUV (Sport Utility Vehicle), sedan, sampai MPV (Multi Purpose Vehicle).

Wuling brand EV popular di RI

Photo :
  • Istimewa
Dipakai Raffi Ahmad, Sebanyak Ini Orang yang Beli Mobil Listrik Buatan Bekasi

Adapun dari semua brand yang menawarkan mobil listrik, hanya ada beberapa model yang sudah diproduksi di dalam negeri. Salah satunya Wuling Motors yang menjadi brand China pertama produksi Air ev sejak 2022.

Setelah sukses dipasaran, jenama asal Tiongkok itu melebarkan sayapnya dengan merilis model terbaru, dan langsung dibuat di dalam negeri. Disusul BinguoEV yang hadir pada 2023, dan Cloud EV di tahun ini.

Mobil Listrik Toyota dan Lexus Kurang Laku di RI, Tapi 'Ngotot' Masih Jualan

Bahkan Wuling menjadi satu-satunya merek dengan penjualan mobil listrik terbanyak, mencapai puluhan ribu unit. Selain jualan produk, mereka juga mendirikan beberapa SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Atas dasar itulah, salah satu majalah yang fokus pada eksosistem kelistrikan, tahun ini memberikan penghargaan kepada Wuling Motors, sebagai brand mobil listrik paling popular di Indonesia, dan satu-satunya merek otomotif yang masuk nominasi.

Ketua Dewan Pakar Majalah Listrik Indonesia, Herman Damel Ibrahim mengatakan, ada sejumlah kriteria yang dijadikan penilaian, diantaranya kinerja perusahaan, inovasi, kepedulian lingkungan, pelayanan, dan reputasi perusahaan.

“Kelima kriteria ini menjadi pegangan kami dalam menentukan penghargaan listrik Indonesia 2024,” ujar Ibrahim, dikutip dalam keterangannya, Jumat 3 Mei 2024.

Penghargaan tersebut diberikan bukan karena semata-mata perusahaan itu menunjukkan prestasi selama ini di bidang listrik, dan energi, namun bagaimana merespon kebutuhan masa depan yang berkelanjutan.

Tercatat ada 45 perusahaan yang menerima apresiasi tersebut, dan menetapkan pemenang dari 15 kategori. Salah satunya Wuling Motors dalam kategori ekosistem perusahaan di bidang EV (Electric Vehicle).

Selain Wuling dalam ketegori tersebut ada PT Powerindo Prima Perkasa sebagai penyedia charging station, dan PT KKBrothers Energy sebagai eksportir motor listrik, salah satunya pernah menjual Ebendly dan Greentech 7 ke Kamboja.

Tidak ketinggalan sejumlah anak usaha PLN dan Pertamina mendapatkan penghargaan di kategori lain, dan sejumlah perusahaan swasta yang berkecimpun di industri kelistrikan, baik teknologi, atau jasa, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya