Mitsubishi Ralliart Jadi Tim Terbaik di AXCR 2023

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2023
Sumber :
  • Dok: AXCR

Pattaya – Mitsubishi Motors mengumumkan bahwa Tim Mitsubishi Ralliart yang mendapatkan dukungan teknis dari perusahaan, berhasil meraih posisi ketiga secara keseluruhan dalam Asia Cross Country Rally 2023 yang diadakan di Thailand dan Laos pada 13 hingga 19 Agustus kemarin.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Tim berkompetisi dalam balap lintas alam tersebut menggunakan tiga unit Mitsubishi Triton baru versi prototipe T1 lintas negara, dengan menempuh jarak total 2033,42 kiilometer termasuk 973,98 km tahap khusus (SS).

Pembalap juara AXCR 2022, Chayapon Yotha dari Thailand dari Tim Mitsubishi Ralliart berhasil menempati posisi ketiga secara keseluruhan.

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru

Sementara itu, Katsuhiko Taguchi asal Jepang, yang berkompetisi untuk pertama kalinya dalam AXCR bersama tim menempati posisi kedelapan secara keseluruhan. Sedangkan pembalap asal Indonesia yakni Rifat Sungkar menempati posisi ke-32 secara keseluruhan.
 

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2023

Photo :
  • Dok: Mitsubishi Motors
Mitsubishi Triton 2024 Raih Rating Tertinggi ANCAP

“Kami bisa memastikan ketiga mobil bisa finis dengan baik, dan kami mendapatkan penghargaan sebagai tim terbaik di AXCR 2023,” ujar Team Director Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka saat wawancara virtual bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, dikutip VIVA Otomotif Selasa 22 Agustus 2023.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, AXCR 2023 diselenggarakan selama musim hujan, dan start seremonial dilakukan pada 13 Agustus di Walking Street, sebuah tempat wisata terkenal di Pattaya, Thailand.

Mobil-mobil reli tertutupi oleh debu halus saat melaju, dan debu tersebut membuat para pembalap kesulitan melihat hal-hal di depan mereka saat mendekati mobil-mobil di depan.

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2023

Photo :
  • Dok: Mitsubishi Motors

Paruh kedua reli di Laos melibatkan serangkaian lintasan curam dengan lubang besar, jalan berlumpur, dan lintasan sungai, yang tidak ada di Thailand, semakin menghambat kemajuan para pembalap.

“Tahun ini saya harus akui sangat sulit dibandingkan tahun lalu, kondisi jalan sangat menantang dan fakta bahwa mobil baru diluncurkan jadi waktu pengembangan sangat pendek untuk melakukan tune up dan modifikasi. Tapi, kami bisa melewati berbagai tantangan ini dengan baik,” tutur Chayapon.

Sementara itu, Takuji-san mengungkapkan bahwa AXCR 2023 menjadi pengalaman yang membuka mata karena ia mendapatkan banyak kondisi jalan yang berbeda, mulai dari aspal mulus, jalan lubang hingga ada airnya.

“Saat saya mengendarai, saya jatuh di lubang yang besar. Hebatnya, mobil ternyata tidak apa-apa. Bahkan, mobil itu menyelamatkan saya dan teman saya,” ungkapnya.

VIVA Otomotif: Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2023

Photo :
  • Dok: AXCR

Rifat menjelaskan, bahwa reli tahun ini penuh kejutan karena ia menjadi pengemudi pertama yang melintasi jalur baru.

“Kami jadi babat rumput karena buka jalan, jadi masalah karena buka jalan. Pohon dan daun tersangkut di mobil, bikin mobil tidak maksimal dari biasanya. Pada akhirnya, kami ingin ketiga mobil bisa finis. Hal itu tidak bisa dilakukan oleh mobil-mobil lainnya,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya