3 Mobil Terbang yang Siap Mengudara dan Sudah Bisa Dipesan

Mobil terbang Terrafugia TF-X
Sumber :
  • Dok: Terrafugia

Jakarta, 6 Desember 2023 - Mobil terbang merupakan salah satu teknologi transportasi masa depan yang diyakini akan mengubah cara kita bepergian.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Setelah bertahun-tahun dikembangkan, kini ada beberapa mobil terbang yang sudah siap untuk dijual dalam waktu tidak terlalu lama lagi.

Berikut adalah daftar mobil terbang yang siap mengudara dan bisa dipesan oleh konsumen, hasil penelusuran VIVA Otomotif di berbagai sumber:

Bus Hino RM 280 ABS Jadi Andalan di Kalimantan Tengah

Alef Aeronautics Model A

Mobil terbang Alef Aeronautics Model A

Photo :
  • Dok: Alef Aeronautics
Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang


Alef Aeronautics Model A adalah mobil terbang pertama yang akan dijual secara komersial. Mobil ini dirancang untuk dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal (VTOL), sehingga dapat digunakan di jalan raya dan di udara.

Mobil ini ditenagai oleh motor listrik dan memiliki jarak tempuh hingga 320 kilometer di jalan dan 160 km di udara. Alef Aeronautics Model A dibanderol dengan harga mulai dari US$300.000 atau setara Rp4,5 miliar.

PAL-V Liberty

Mobil terbang PAL-V-Liberty

Photo :
  • Dok: Pal-V


PAL-V Liberty adalah mobil terbang lain yang juga siap untuk dijual dalam waktu dekat. Mobil ini memiliki desain yang unik, dengan bagian depan yang menyerupai mobil dan bagian belakang yang menyerupai pesawat terbang.

PAL-V Liberty ditenagai oleh mesin bensin dan memiliki jarak tempuh hingga 800 km di jalan dan 160 km di udara. Mobil ini dibanderol mulai dari €250.000 atau setara Rp4,2 miliar.

Terrafugia Transition

Mobil terbang Terrafugia TF-X

Photo :
  • Dok: Terrafugia


Terrafugia Transition adalah mobil terbang yang telah dikembangkan sejak tahun 2006. Mobil ini memiliki desain yang mirip dengan mobil konvensional, dengan sayap yang dapat dilipat saat mendarat.

Terrafugia Transition ditenagai oleh mesin bensin dan memiliki jarak tempuh hingga 640 km di jalan dan 64 km di udara. Model ini rencananya dijual dengan harga mulai dari €200.000 atau setara Rp3,3 miliar.

Sayangnya, pengiriman unit ke konsumen mengalami penundaan karena perusahaan harus memindahkan kantor maupun fasilitas pengembangan dari Amerika Serikat ke China.

Selain ketiga mobil tersebut, masih ada beberapa mobil terbang lain yang juga sedang dalam tahap pengembangan dan dijadwalkan untuk mulai dijual di tahun-tahun mendatang.

Hadirnya mobil terbang tentu akan membawa perubahan besar dalam industri transportasi. Mobil terbang diyakini akan menjadi alternatif transportasi yang lebih cepat dan efisien, terutama untuk jarak yang jauh.

Namun, mobil terbang juga masih memiliki beberapa tantangan yang perlu diselesaikan, seperti regulasi penerbangan dan keamanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya