Ford Bronco: Dari Populer Menjadi Mobil Paling Dibenci

Ford Bronco
Sumber :
  • Autoevolution

Amerika Serikat, 14 April 2024 – Pada tahun 1994, dunia menyaksikan peristiwa dramatis yang melibatkan sebuah mobil Ford Bronco putih. Mobil ini menjadi kendaraan yang ditumpangi atlet Orenthal James Simpson, dalam pelariannya setelah dituduh membunuh istrinya, Nicole Brown Simpson.

Korban Google Maps, Daihatsu Sigra Terjebak di Gang Kecil hingga Susah Keluar

Peristiwa ini disiarkan langsung di televisi dan ditonton oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia. Dikutip VIVA Otomotif dari laman Autoevolution, sebelum peristiwa tragis itu Ford Bronco merupakan mobil yang populer dan digemari banyak orang.

Diluncurkan pada tahun 1966, Bronco dikenal sebagai mobil tangguh dan handal yang cocok untuk berbagai medan. Desainnya yang ikonik dan kemampuan off-road yang mumpuni membuatnya menjadi pilihan favorit bagi banyak petualang dan pencinta mobil.

Cara Bersihkan Mika Lampu Mobil Buram dengan Bahan Sederhana

Namun, citra Ford Bronco berubah drastis setelah peristiwa OJ Simpson. Peristiwa pelariannya yang disiarkan langsung di televisi menjadi tontonan yang mengerikan bagi banyak orang.

Ford Bronco yang ditumpangi OJ Simpson

Photo :
  • Autoevolution
Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Bronco putih yang dimiliki dan dikemudikan sahabatnya, Al Cowlings sementara Simpson duduk sebagai penumpang, menjadi simbol dari tragedi pembunuhan Nicole Brown Simpson.

Akibat dari peristiwa ini, Ford Bronco dikaitkan dengan Simpson dan kasus pembunuhannya. Penjualan Ford Bronco pun anjlok drastis setelah kejadian ini, dan pada 1996 model tersebut dihentikan produksinya.

Pada 2021, Ford kembali membangkitkan nama Bronco sebagai mobil tangguh untuk bersaing dengan Jeep Wrangler. Beragam fitur canggih yang disematkan, tidak sanggup membuat banyak orang menyukai kembali mobil tersebut.

Pada tahun 2009, agen O.J. Simpson, Mike Gilbert, mencoba menjual Ford Bronco yang ditumpangi OJ Simpson dengan harga US$1,3 juta atau setara Rp20,9 miliar. Namun, tidak ada pembeli yang berminat. Mobil tersebut akhirnya dihancurkan pada tahun 2017.

Meskipun Ford Bronco pernah menjadi mobil yang populer, citranya tercemar karena peristiwa Simpson. Hingga saat ini, Ford Bronco masih diingat sebagai "mobil paling dibenci di dunia".

Peristiwa ini menjadi contoh bagaimana sebuah peristiwa tragis dapat mengubah citra sebuah produk secara drastis. Ford Bronco, yang dulunya merupakan mobil yang digemari banyak orang, kini menjadi simbol dari tragedi dan kekerasan.

Ford Bronco

Photo :
  • Rushlane
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya