Pertarungan Mobil SUV Penguasa Jalan, Pajero Sport Asapi Toyota Fortuner

Mitsubishi Pajero Sport di Jakarta Auto Week 2022.
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang kerap menjadi sorotan, hingga viral di media sosial karena dianggap sebagai penguasa jalan, yaitu Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Video Remaja Main Skateboard Bikin Celaka Pengendara Motor

Ada saja pengguna dari kedua mobil tersebut yang kerap bikin onar, atau berbuat arogan di jalan raya. Hal yang wajar jika keduanya selalu tertangkap kamera, karena populasinya yang cukup banyak.

VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Tak Waspada di Perempatan Jalan, Honda Brio dan Becak Motor Tabrakan

Sementara di luar itu, Pajero Sport dan Fortuner juga selalu bersaing dalam hal penjualan. Kedua mobil SUV dengan konfigurasi 7-penumpang tersebut berlomba-lomba menjadi yang terlaris dari tahun ke tahun.

Salah satu cara untuk menarik minat konsumen masing-masing brand bersaing memberikan penyegaran. Berawal dari Fortuner baru yang hadir pada 2020, kemudian disusul Pajero Sport baru di 2021.

All New Hyundai Santa Fe Hybrid Siap Jadi Pesaing Honda CR-V Hybrid di RI

Secara basik keduanya mobil gagah itu masih mengandalkan generasi terbarunya yang debut sejak 2016 di pasar Indonesia. Artinya ubahan yang diterapkan pada beberapa tahun lalu itu sekadar facelift.

Untuk melebarkan pangsa pasarnya, Toyota merilis Fortuner varian baru dengan mesin 2.800cc diesel pada 2022, sekaligus mengubah indentitas TRD Sportivo pada tipe tertinggi menjadi GR Sport.

Saat ini Fortuner memiliki 7 varian, dengan 3 pilihan mesin, yaitu diesel berkapasitas 2.400cc dan 2.800cc, serta bensin 2.700cc. Harganya mulai dari Rp570,200 juta tipe 4x2 2.4 G manual, sampai Rp741,850 juta tipe 4x4 2.8 GR Sport matik.

Sementara Pajero Sport memiliki 2 pilihan mesin diesel, yaitu 2.400cc dan 2.500cc, total ada 6 varian dengan harga mulai Rp561,100 juta tipe Exceed 4x2 manual, sampai Rp746,100 juta tipe Dakar Ultimate 4x4 matik.

Kedua mobil gagah tersebut sama-sama diciptakan dengan sasis tangga, atau ladder frame seperti halnya mobil komersial. Suspensi dan ground clearance dibuat untuk mendukung perjalanannya di segala medan.

Tersedia dengan sistem penggerak roda belakang atau 2WD, dan empat roda alias 4WD dengan sistem pengaturan differential secara elektrik, dan didukung beberapa mode berkendara, dan fitur penunjang lainnya.

Memiliki spesifikasi, dan harga bersaing, tahun ini Pajero Sport asapi Fortuner, atau berada di depan dalam urusan penjualan. Seperti terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo.

Melalui data asosiasi tersebut terlihat bahwa penjualan SUV andalan Mitsubishi itu mencapai 4.392 unit, pada Januari sampai April 2024. Dari angka tersebut tentu varian dengan penggerak dua roda menjadi penyumbang terbesar, yaitu 3.873 unit.

Sedangkan Fortuner penjualan pabrik ke diler atau wholesales dalam periode 4 bulan tahun ini hanya 3.623 unit. Untuk varian penggerak empat rodanya hanya menyumbang 334 unit, dan tipe 2.8 GR Sport paling laku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya