Pameran Otomotif Terbesar RI 2015, Ada Dua & Beda Tempat

Febrizky Raih Miss Motor Show 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, memastikan acara tahunan ini akan tetap berlangsung mulai tanggal 20–30 Agustus 2015.

Meski kini, jadwal lebih maju dan tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang digelar pada September, pameran ini tetap akan berlangsung dengan menggunakan area Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta.

Menurut Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo, alasan digelarnya pada Agustus, tak lain untuk mengikuti jadwal puasa dan Lebaran 1436 Hijriah yang juga semakin maju.

“Lokasi ini sudah dikenal oleh masyarakat dan dapat dijangkau dengan mudah dari berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya. Lokasi ini juga sudah familiar bagi para pengunjung pameran, serta transaksi bisnis. IIMS tahun 2014 lalu, tercatat hampir 20 ribu unit mobil terjual,” jelas Hendra, dalam keterangan tertulis, Sabtu 31 Januari 2015.

Hendra menyatakan, IIMS 2015 akan menghadirkan inovasi baru dalam sejarah penyelenggaraan IIMS, melalui berbagai pameran kendaraan hingga kegiatan pendukung yang lebih atraktif dan informatif.

Salah satunya, melalui kerja sama dengan beberapa pihak dari luar negeri seperti Grand Prix International (GPI) Thailand, yang merupakan penyelenggara pameran Bangkok International Motor Show (BIMS), serta beberapa pihak lain di Asia, Eropa, Australia, dan Amerika.

“Melalui kerja sama ini, kami ingin menghadirkan nuansa internasional pada pameran IIMS tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Kami menitikberatkan IIMS, bukan sekadar ajang bisnis," ungkap Hendra.

Indonesia International Auto Show (IIAS)

Lain halnya dengan Dyandra Promosindo, IIMS 2015, rupanya tidak adanya turut campur dari tangan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sebab, Gaikindo juga punya hajatan sendiri, yaitu Indonesia International Auto Show (IIAS).

Hal ini pun dibenarkan Ketua 1 Gaikindo, Jongkie D Sugiarto. Menurut Jongkie, acara IIAS yang digagas Gaikindo tak lagi di Kemayoran, melainkan di luar Jakarta, yaitu tepatnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, BSD, Tangerang.

"Kami (Gaikindo) buat hanya satu, IIAS. Soal nama, di mana-mana namanya itu Auto Show bukan Motor Show. Makanya, kami jadi Indonesia International Auto Show," jelas Jongkie, beberapa waktu lalu.

Jongkie menyatakan, jika tak ada aral melintang, pameran IIAS akan dihelat pada 20-30 Agustus 2015. Itu artinya, pameran ini bisa dikatakan bentrok dengan acara yang dihelat Dyandra Promosindo.

"Masalah ramai, atau tidak, tergantung promosi seperti apa. Salah satu faktor tidak di JIExpo lagi adalah keterbatasan lahan di Kemayoran. Sedangkan, lahan yang digunakan di BSD lebih besar hingga 60 ribu meter persegi. Hall-nya bagus, semua merek ditempatkan indoor, akses jalan juga dari lingkar luar tol cepat," ungkap Jongkie.

Jongkie menuturkan, meski terjadi bentrok, hal itu tidak menjadi masalah pada penjualan. Namun, jika memang berpengaruh, tentu ini bisa mendongkrak penjualan otomotif secara menyeluruh. (asp)

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka



Baca juga:

Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016