Uji Tabrak LCGC di Malaysia, Ini Komentar KNKT

Uji tabrak Toyota Agya.
Sumber :
  • ASEAN NCAP

VIVA.co.id - Tiga brand mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) yang dibuat secara lokal di Indonesia, telah dilakukan uji tabrak oleh ASEAN Global New Car Assesment Program (ASEAN NCAP), di Malaysia beberapa waktu lalu.

Dari pengujian tersebut, Agya dan Ayla dengan fitur airbag (kantung udara) mendapat rating bintang empat dari lima bintang. Sementara Ayla non-airbag dan Datsun GO hanya mendapatkan dua bintang.

Namun di balik pengetesan itu, masyarakat rupanya sedikit kecewa, mengapa uji tabrak justru dilakukan di negara tetangga, padahal mobil tersebut dibuat serta dipasarkan di Indonesia.

Mendengar hal tersebut, Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Lantas Angkutan Jalan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi), Leksmono Suryo Putranto juga ikut bersuara.

Tak Lama Lagi, Airbag Juga Dipasangi di Luar Mobil

Hanya saja, menurut Leksmono, dengan dilakukannya pengetesan di Malaysia, bukan berarti harus mengitimidasi pihak yang bersangkutan, baik pemerintah, asosiasi maupun produsen mobil di Indonesia.

“Mungkin saja NCAP di sana (Malaysia) fasilitas lebih lengkap, jadi dilakukan di luar negeri,” ujar Leksmono kepada VIVA.co.id, Rabu 21 Oktober 2015.

Dengan begitu, kata Leksmono, pengujian yang dilakukan ASEAN NCAP, bisa lebih valid, dan kepentingan akan pengetesan tentunya untuk diberikan keamanan kepada konsumen.

Peran KNKT

Leksmono menyatakan, KNKT khusus kecelakaan Lalu Lintas Angkutan Jalan sendiri bukanlah suatu lembaga yang menentukan sebuah aturan. Akan tetapi, KNKT hanya melakukan investigasi ketika terjadi kecelakaan.

“Kita hanya melakukan investigasi agar kecelakaan yang sama pada kendaraan yang sama dan jenis yang sama tidak terulang lagi,” ujarnya.

Adapun perihal lebih banyak porsi KNKT dalam hal pemeriksaan kendaraan yang mengalami masalah di udara, laut dan kereta api, hal itu dikarenakan persitiwa kecelakaan memerlukan pemeriksaan yang lebih dalam yang telah sesuai dengan apa yang dicantumkan di undang-undang.

“Sedangkan untuk masalah pada kendaraan (mobil) di jalan raya biasanya lebih cepat selesai,” kata dia.

Rompi yang dilengkapi kantung udara buatan Helite.

Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Rompi dilengkapi dengan kantung udara.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016