Innova Terbaru Dites Uji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Toyota kijang dari generasi ke generasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id - Baru-baru ini, mobil terbaru Toyota, All New Kijang Innova, membuka selubung perdananya di Indonesia. Tak hanya menjadi produk lokal, namun juga global.

Fortuner dan Innova Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Mobil yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang Plant I, Karawang, Jawa Barat, itu rencananya juga akan segera diekspor ke luar negeri.

Sebelum diluncurkan, rupanya Toyota sudah melakukan uji tabrak kendaraan tersebut di Jepang. Hal itu diungkapkan Nandi Julyanto, Director Production Directorate Engineering Karawang Plant I. Pengujian  dilakukan langsung oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang.

"Semua unit (model) yang diproduksi diuji tabrak di TMC Jepang. Alasannya, karena TMMIN belum memiliki fasilitas untuk uji tabrak," kata dia seperti dilansir situs resmi Toyota, Jumat 11 Desember 2015.

Nandi menambahkan, uji tabrak di Jepang juga untuk memastikan bahwa kualitas keamanan mobil Kijang generasi keenam itu sama dengan mobil lain yang diproduksi oleh Toyota.

"Uji di TMC agar hasil evaluasi dan standar yang didapat sama. Selain uji tabrak, kami juga melakukan uji kendaraan bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) di Serpong, Tangerang Selatan," lanjut dia.

Sementara itu, Yui Hastoro selaku Direktur Teknikal dan Proyek Engineering PT TMMIN mengatakan, meski harus memboyong Innova terbaru ke Jepang, hasil yang diperoleh cukup memuaskan. "Uji tabrak Innova terbaru memang dilakukan di TMC Jepang, hasilnya dapat lima bintang," kata Yui Hastoro.

Pekerja sedang mengecek mobil Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1.

Tahun Ini, Toyota Telah Produksi 250 Ribu Mobil

Sebanyak 50 persen untuk domestik dan 50 persen untuk ekspor.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016