Berapa Minimal Bujet Ganti Sistem Audio Mobil

Ilustrasi audio mobil
Sumber :
  • Autocity

VIVA.co.id – Salah satu yang dikeluhkan pemilik mobil adalah sistem audio bawaan pabrik yang dianggap kurang mumpuni, terutama untuk mobil-mobil dengan harga di bawah Rp200 juta.

Nyari Roof Box Mobil untuk Mudik Lebaran di IIMS 2024, Cek Harganya

Tidak sedikit yang akhirnya mendatangi toko aksesori audio, guna mengganti sistem bawaan dengan produk yang kualitasnya lebih baik.

Lantas, berapa bujet yang harus dikeluarkan pemilik, agar sebuah mobil memiliki sistem audio bagus, namun masih dengan harga terjangkau?

Subaru Rilis 9 Aksesori Resmi untuk The All-New BRZ

Erwin Sugiharto, Pemilik Digital Audio yang terletak di Pluit Karang, Jakarta Utara menyatakan, untuk merombak sistem audio, harga yang bisa dikeluarkan antara Rp3-4 jutaan.

Menurut Erwin, saat ini, pemilik mobil tidak perlu khawatir mengenai harga audio. Sebab, sejumlah merek juga telah memberikan harga yang kompetitif dengan kualitas mumpuni.

Tips Memilih Aksesori Mobil yang Aman dan Nyaman

"Saat ini, mobil sudah memiliki head unit yang baik. Paling hanya speaker saja yang diganti, untuk mendapatkan kualitas suara lebih baik lagi. Harga yang dikeluarkan untuk mengubahnya itu paling murah sekitar Rp3-4 juta,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 27 Februari 2016.

Erwin menjelaskan, amplifier juga dibutuhkan, jika ingin kualitas suara menjadi lebih jernih dan lantang. Untuk mengubah sistem tata suara mobil, pria yang akrab disapa Ko Sugi menyarankan konsumen untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

“Kalau mau mengubah sound, lebih baik datang dulu ke bengkel yang diinginkan dan berkonsultasi dulu. Karena, selera setiap orang untuk audio itu beda-beda. Akan lebih maksimal, kalau kita tahu keinginan pemilik mobil,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya