Ford Bikin Alat yang Bisa Tipu Pengemudi

Teknologi baru mesin Ford EcoBoost
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Meski setiap mobil telah dilengkapi dengan panel instrumen penunjuk putaran mesin (rotations per minute atau RPM), namun pengemudi lebih sering mengandalkan suara mesin jika ingin memindah gigi transmisi.

Punya Motor Berteknologi ABS? Perhatikan Dahulu Hal Ini

Hal ini lumrah dilakukan, karena pandangan mata dapat terus tertuju ke arah depan. Bagi mereka yang gemar memacu mobil, ini tentu menguntungkan. Mata mereka bisa terus berkonsentrasi, sementara indera telinga digunakan untuk memantau RPM.

Sayangnya, kebiasaan memindah gigi transmisi saat RPM mesin tinggi berdampak pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros.

Alasan Mesin Turbo Butuh Perlakuan Khusus

Dilansir dari Paultan, Selasa, 10 Mei 2016, kebiasaan pengemudi ini coba dihilangkan oleh Ford. Caranya adalah dengan membuat sebuah alat yang mampu memanipulasi suara mesin.

Dengan alat tersebut, suara mesin tiga silinder 1.000cc EcoBoost rancangan Ford terdengar lebih garang, mirip dengan mesin enam silinder.

Jadi Surganya Mobil Listrik, Norwegia Tuai Pujian

Biasanya, alat ini digunakan untuk memberi pengalaman berkendara yang lebih pada pengemudi mobil sport. Kebanyakan penggila kecepatan memang gemar mendengarkan raungan suara mesin dan knalpot yang menggelegar.

Namun, alat pemanipulasi suara mesin yang dipasang pada mobil biasa dipakai untuk menipu telinga pengemudi.

Jika pengemudi mendengar RPM mesin sudah cukup tinggi, maka mereka otomatis akan memindah gigi transmisi. Padahal, kenyataannya RPM mesin tidak setinggi yang dikira. Alhasil, penggunaan bahan bakar bisa lebih irit.

Ford bahkan berencana untuk mematenkan alat ini, agar tidak ditiru oleh pabrikan otomotif lainnya. Sayang, mereka tidak menyebutkan seberapa efektif alat tersebut bisa menghemat pemakaian bahan bakar.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya