Yaris Vs Jazz, Mana Lebih Laris?

Honda Jazz vs Toyota Yaris.
Honda Jazz vs Toyota Yaris.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pasar hatchback di Indonesia belakangan memang tak terlalu menggairahkan seperti halnya low MPV (Multi Purpose Vehicle). Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan secara wholesales (pabrik ke diler) segmen hatchback selama Januari-Juli 2016, hanya tembus 23.667 unit, atau menurun dibandingkan periode yang sama di 2015 yang tembus 24.137 unit.

Kendati demikian, di segmen ini ada dua model mobil yang mendominasi pasar dan mampu menarik konsumen dengan jumlah banyak, yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Selama tujuh bulan pertama di 2017, penjualan Jazz dan Yaris memang saling susul-menyusul. Secara total, penjualan untuk Jazz mencapai 10.296 unit, sementara Yaris beda tipis, berada di urutan kedua dengan jumlah 10.256 unit.

Sementara di periode yang sama tahun lalu, penjualan Honda Jazz naik sebesar 16,13 persen atau mencapai 8.866 unit. Sedangkan untuk Yaris, hanya naik 1,42 persen dari 10.113 unit.

Meski hanya dua model mobil ini yang terlihat menonjol, pada kenyataannya sejumlah perusahaan otomotif yang ada di Indonesia memiliki model hatchback dengan beragam keunggulannya. Namun penjualan mereka terbilang kecil.

Salah satu mobil yang diprediksi cukup mumpuni menghadapi pasar Jepang yaitu Ford Fiesta. Akan tetapi, jualannya justru anjlok. Hal ini tak lain karena Ford Motor Indonesia (FMI) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Ford di Tanah Air, pada awal Januari 2016 mengumumkan hengkang dari persaingan pasar otomotif Indonesia.

Alhasil, selama Januari-Juli 2016 penjualannya hanya laku 26 unit. Sedangkan di Juli lalu tak ada penjualan. Padahal di periode yang sama tahun lalu, Ford Fiesta laku 422 unit.

Berikut daftar hatchback terlaris di Indonesia: