Renault Siapkan Kwid Bertransmisi Matik

Renault Kwid, penantang mobil kelas LCGC.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id  – Belum lama ini, Renault menghadirkan mobil baru berkonsep mini crossover di Indonesia yakni Kwid. Berbekal dengan hatchback dan mampu menampung lima penumpang, Kwid dibekali dengan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Khusus untuk pasar Indonesia, mobil yang diimpor utuh dari India ini dijual dengan harga Rp117,7 juta. Harga ini tergolong murah untuk ukuran mobil impor, bahkan bersaing dengan produk low cost green car (LCGC) yang ada saat ini.

Sayangnya, Renault hanya menghadirkan satu jenis transmisi saja, yakni manual lima percepatan. Padahal, saat ini kebanyakan mobil LCGC dibekali dengan transmisi matik.

Persaingan Mobil Listrik Murah Diprediksi Memanas, MG Siap Ikut

Lalu, apakah Renault akan menghadirkan Kwid versi transmisi matik?

Dilansir dari Motoroids , Senin, 31 Oktober 2016, konsep Kwid bertransmisi matik sebenarnya sudah pernah dicetuskan oleh Renault. Hanya saja, mereka tidak ingin terburu-buru untuk memburunya.

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Berdasarkan bocoran yang beredar di dunia siber, Kwid transmisi matik sedianya akan meluncur dalam waktu dekat. Hal ini diketahui dari beberapa foto yang beredar.

Berbeda dengan mobil matik pada umumnya, Renault perpindahan transmisi tidak dilakukan melalui tongkat, melainkan tombol.matik pada umumnya, Renault merancang perpindahan transmisi bukan dilakukan melalui tongkat, melainkan tombol.

Jadi, Renault menyediakan tombol khusus berukuran sedang di dasbor, yang berfungsi untuk memilih posisi gigi transmisi, yakni reverse , neutral dan drive . Untuk memilihnya, pengemudi hanya perlu memutar tombol ke posisi yang diinginkan.Renault menyediakan tombol khusus berukuran sedang di dasbor, yang berfungsi untuk memilih posisi gigi transmisi, yakni reverseneutraldrive

Selain mudah, teknik ini dipercaya dapat membuat konsol tengah menjadi lebih luas. Sayangnya, belum diketahui apakah konsol tengah tetap dipertahankan atau Renault membuangnya demi mengejar ruang kabin yang lapang.

Renault rencananya akan resmi menghadirkan mobil ini di bulan depan, atau paling lambat akhir 2016. Peluncuran perdana akan dilakukan di India.

Tombol transmisi matik Renault Kwid.

Tombol transmisi matik Renault Kwid (Foto: Motoroids)

(ase)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya