Bisakah Bunyi Peringatan Sabuk Pengaman Dimatikan?

Ilustrasi sabuk pengaman.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Saat ini, semua mobil sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman. Piranti ini berguna untuk mencegah pengemudi dan penumpang mengalami luka parah, saat terjadi tabrakan.

Cegah Kecelakaan Maut, Kemenhub Wajibkan Penggunaan Sabuk Pengaman untuk Penumpang Bus

Meski sudah menjadi standar keselamatan, namun masih saja ada pengemudi yang enggan memakainya. Hal itu membuat produsen mobil memasang alarm khusus, yang akan mengingatkan pengemudi dan penumpang depan untuk mengenakan sabuk pengaman.

Peringatan yang diberikan ada dua tipe, yakni berupa indikator pada panel instrumen dan suara buzzer. Namun, bunyi buzzer ini oleh beberapa pengemudi dianggap mengganggu.

Banyak Pengemudi Mobil Tidak Pakai Sabuk Pengaman, Segini Besaran Dendanya

Lantas, apakah bunyi buzzer tersebut bisa dihilangkan?

Service Advisor bengkel resmi Honda, Ali mengatakan, ada saja yang mengeluh bunyi buzzer sabuk pengaman. Kata dia, bunyi sebenarnya bisa saja dihilangkan, tapi lebih baik jangan. Kenapa?

2 Polisi Lakukan Pelanggaran Terekam Kamera ETLE

"Kami bilang pada konsumen, tidak bisa dihilangkan. Karena, itu sudah menjadi standar keamanan saat berkendara," ujarnya kepada VIVA.co.id, Rabu, 23 November 2016.

Ia menjelaskan, sebenarnya ada trik khusus untuk mematikan bunyi buzzer itu. Sensor yang memicu bunyi terletak pada pengunci sabuk pengaman.

Yang bisa dilakukan adalah dengan memodifikasi kabel sensor, sehingga seolah-olah sabuk pengaman selalu terpasang.

Perlu diingat, pada mobil-mobil canggih, sensor sabuk pengaman juga terhubung ke sistem keselamatan lainnya, seperti kantung udara.

Artinya, komputer akan menganggap ada orang yang duduk di kursi penumpang depan. Padahal, belum tentu hal itu yang benar-benar terjadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya