Pasang Seat Belt Buru-buru Ternyata Berbahaya

Seat Belt
Sumber :
  • insurancejournal

VIVA.co.id – Sabuk pengaman atau seat belt merupakan salah satu fitur penting dalam mobil. Karena fungsinya yang sangat vital bagi pengemudi maupun penumpang, perawatan seat belt menjadi hal yang penting juga. 

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Namun, karena sering dipergunakan, sabuk pengaman kerap menjadi kotor bahkan rusak. Hal ini tentunya berbahaya, sebab tanpa seat belt penumpang tidak memiliki keamanan pada saat terjadi kecelakaan.

Nah, Sebelum kerusakan terjadi, ada baiknya jika Anda merawat sabuk pengaman dengan baik. Perawatan ini bisa mencegah sabuk yang macet atau rusak. Lantas apa aja yang harus dirawat agar sabuk pengaman tetap aman?

Great Enthusiasm for the Hyundai Festival in Jakarta

Kepala Mekanik Diler Daihatsu Otista, Subur Triyanto mengatakan dalam melakukan perawatan seat belt, hal yang terpenting yaitu dengan menggunakan seat belt secara teratur pada saat mengendarai mobil.

"Pasang seat belt dalam posisi sempurna, dan melepasnya juga dalam posisi sempurna akan menjaganya tetap awet," kata kepada VIVA.co.id, Jumat 2 Desember 2016.

Puncak Harinya Hyundai Beri Ragam Keseruan untuk Warga Jakarta

Kedua, kata subur, jika ingin seat belt awet, disarankan agar tidak terburu-buru ketika melakukan pemasangan maupun melepas seat belt. Sebab, akan mempengaruhi alur pengembalian kain seat belt, maupun mekanis pegas yang ada di dalamnya.

"Makanya harus hati-hati, jangan sampai terburu-buru dan akhirnya justru merusak seat belt mobil," ujarnya.

Ketiga, menurut subur, seat belt juga memerlukan perawatan dengan cara dibersihkan dari kotoran yang berpotensi membuat mekanis seat belt dan pegas bagian dalamnya korosi (karatan).

"Kotoran seperti itu harus dibersihkan, sebab jika dibiarkan dapat menimbulkan kemacetan dan tidak sempurnanya kinerja mekanis seat belt itu sendiri," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya