Deretan Mobil Bekas yang Punya Harga Jual Paling Stabil

Bursa mobil bekas
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id –  Industri otomotif khususnya di pasar mobil bekas tahun ini dinilai cukup bergejolak, apalagi hadirnya mobil ramah lingkungan atau low cost green car yang mengambil peran dalam penjualan mobil seken di Tanah Air. 

Harga Hyundai Ioniq 5 di Bursa Mobil Bekas Tembus Rp1 Miliar

Berdasarkan catatan yang dimiliki penelitian dan pengembangan atau Litbang Carmudi Indonesia, ada beberapa mobil bekas yang harga jualnya stabil sepanjang tahun 2016, di antaranya yaitu Daihatsu Ayla, Datsun GO, Suzuki Wagon R, Toyota Agya, dan Honda Brio. 

Chie Executive Officer Carmudi Indonesia, Subir Lohani mengungkapkan alasan sejumlah mobil itu mengalami harga jual yang stabil lantaran hanya mengalami penyusutan harga sekitar Rp1 – 5 juta dalam rentang waktu satu tahun. 

Mobil Bekas Kini Bisa Dipesan Sesuai Keinginan

Artinya kata dia, penyusutan harga hanya sekitar satu persen dalam waktu satu tahun terakhir. Menurutnya, data mobil seken diambil dalam rentang waktu tahun 2016 dengan database 45 ribu listing daftar kendaraan yang masuk tiap bulan. 

"Dari data itu kami bisa meneliti lebih lanjut pergerakan harga kendaraan yang dijual secara online. Mengenai perubahan harga mobil dipengaruhi banyak faktor baik dari kondisi kendaraan itu sendiri maupun kondisi pemegang merek terkini," kata Subir dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 19 Desember 2016. 

Harga Bekas Honda Jazz Meroket

Senada, Ketua Ikatan Pedagang Mobil Bekas Jakarta Timur, Ahmad Fadillah mengungkapkan bahwa harga mobil seken LCGC yang paling stabil yakni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Namun dia menilai penjualan kedua mobil seken itu menurun seiring larangan pemerintah terhadap taksi online. 

"Adanya aturan dari pemerintah, penjualan mobil bekas Agya dan Ayla tidak cukup bagus," ujarnya. Dia menambahkan bahwa berdasarkan catatannya, harga penjualan mobil bekas yang stabil di kelas multi purpose vehicle (MPV) yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. 

Sedangkan dari catatan Carmudi Indonesia, mobil bekas jenis MPV yang masih stabil harga jualnya yakni Daihatsu Xenia R Sporty tahun 2015 Jika di awal tahun 2016, dijual Rp194 jutaan dan Desember menjadi Rp180 jutaan. Selanjutnya mobil seken dengan harga jual stabil diduduki Honda Mobilio RS< Suzuku Ertiga GX dan Toyota Avanza Veloz. 

Terpisah, pemilik diler mobil bekas Barito Mobil, Ade Ningsih mengungkapkan hal senada bahwa secara umum mobil keluaran Toyota dan Honda sama-sama memiliki kestabilan harga di pasar mobil bekas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya