Ada 100 Armada, Ini Rute-rute Bus JR Connexion

Bus JR Connexion dan awaknya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion resmi diluncurkan. Bus ini disebut-sebut sebagai angkutan permukiman yang siap mengantar penumpang tepat ke tempat permukiman di wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Elly Sinaga mengungkapkan, dasar peraturan bus tersebut adalah Peraturan Menteri Nomor PM 32 Tahun 2016. Dalam Pasal 15 ayat 1 di peraturan itu disebutkan, angkutan permukiman adalah pelayanan angkutan tidak dalam trayek yang melayani dari kawasan permukiman ke beberapa titik tujuan pusat kegiatan.

"Yang kami siapkan ini dari Perumahan Kota Wisata Cibubur, misalnya menuju ke Cilandak Town Square. Di tempat tujuan sudah berkoordinasi, mereka sudah menyiapkan parkir untuk JRC," kata Elly dalam jumpa pers, di ITC Mangga Dua, Jakarta Utara, Selasa 14 Februari 2017.

Dishub DKI Akan Sanksi Warga yang Pasang Alat Peraga Kampanye di Angkutan Umum

Bus JR Connexion yang disiapkan saat ini sebanyak 100 armada untuk beroperasi di beberapa perumahan. Menurut dia, bus tersebut sudah bisa beroperasi per hari ini.

Bus JR Connexion.

Bisa Nyebrang Pulau dengan Kecepatan 200 Km/Jam, Segini Tarif Taksi Terbang di IKN

"Izin-izin semua sudah selesai. Mereka sudah bisa jalan mulai hari ini, tapi paling tidak minggu depan sudah siap jalan. Yang mau bergerak ini 100 kendaraan dari perumahan ke pusat kegiatan seperti kantor, pusat perbelanjaan," ujarnya.

Elly mengatakan, kehadiran bus tersebut untuk mengurai kemacetan lalu lintas di beberapa wilayah. Sehingga, target utama dari angkutan permukiman ini adalah kalangan kelas menengah yang memiliki mobil. "Jadi sasaran ini perumahan-perumahan real estate, mereka itu semua naik mobil, masa kita mau biarkan mereka naik mobil terus, ya enggak lah," katanya.

Soal jadwal bus, JR Connexion akan diupayakan selalu tepat waktu mulai dari jadwal keberangkatan hingga kepulangan. Sebab, para penghuni perumahan, menginginkan moda transportasi umum yang mampu memberikan kepastian waktu perjalanan.

Wilayah keberangkatan Bus JR Connexion untuk sementara ini baru berada di Grand Wisata (Bekasi), Bintaro Jaya (Bintaro), Bumi Serpong Damai (Serpong), Zam-zam Park (Bogor), dan Kota Wisata (Cibubur). Bus ini hanya akan berhenti di beberapa tempat di pusat kota, seperti FX Senayan, Blok M, dan kawasan Sudirman. (ren)

Baca juga: Berapa Tarif Bus JR Connection?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya