Perbandingan Mitsubishi Expander dengan Avanza & Mobilio

Mitsubishi Expander.
Sumber :
  • Mitsubishi

VIVA.co.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia akhirnya memamerkan wujud versi produksi dari XM Concept yang kabarnya akan diberi nama Expander. Meski demikian Mitsubishi belum merinci secara lengkap spesifikasi dari Expander.

Tertarik Beli Mitsubishi XForce, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Mitsubishi berjanji akan membeberkan saat peluncuran resminya nanti di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus mendatang. Selain wujud, Mitsubishi sejauh ini sudah memberi bocoran harga penantang Avanza cs itu, yakni Rp189 jutaan hingga Rp246 jutaan.

Melihat data resmi yang disampaikan, Mitsubishi Expander ternyata memiliki dimensi yang cukup bongsor dibanding para kompetitor. Expander memiliki panjang 4.475 milimeter (mm), lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Ground clereance juga paling tinggi di kelasnya yakni 205 mm.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

Toyota Avanza.

Sementara dimensi mobil ‘sejuta umat’ Toyota Avanza hanya memiliki panjang 4.140 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.695 mm. Jarak bodi ke tanah, yakni 200 mm.

Mitsubishi Triton 2024 Raih Rating Tertinggi ANCAP

New Honda Mobilio.

Demikian hal dengan dimensi Mobilio hanya memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm dan ground clearance 189 mm.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Dimensi Ertiga juga lebih kecil ketimbang Expander, yakni panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.685 mm dan hanya memiliki ground clearance 185 mm, lebih pendek dari para kompetitornya.

Lalu bagaimana dengan mesin dan performanya?

Karena Mitsubishi belum membocorkan secara gamblang performa dari mesin 1.500 cc yang diusung Expander artinya tenaga belum bisa dibandingkan. Mobil buatan Bekasi ini mengusung transmisi dua pilihan, yakni manual lima-percepatan dan otomatis empat-percepatan dengan penggerak roda depan.

Mitsubishi Expander.

Sedangkan Avanza memiliki dua pilihan mesin yakni 1.500 cc dan 1.300 cc dengan transmisi manual lima-percepatan dan otomatis empat-percepatan dengan roda penggerak belakang. Pada Mobilio, mengusung mesin 1.500 cc dengan mengawinkan transmisi manual lima-percepatan dan pilihan matik CVT (Continous Variable Transmission) dengan penggerak roda depan.

Sementara Ertiga, memiliki mesin lebih kecil hanya berkapasitas 1.300 cc dengan pilihan transmisi manual lima-percepatan dan matik empat-percepatan. Untuk roda penggerak MPV ini, mengandalkan roda depan.

Mitshubishi akhirnya telah memperkenalkan mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza. Dengan bentuk lebih macho, mobil berjenis small MPV ini sangat menarik perhatian. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya