Wuling Tawarkan Harga Lebih Murah, Toyota Bergeming

sorot mobil - Wuling Confero S buatan China.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Persaingan industri otomotif semakin panas tahun ini. Persaingan sengit diprediksi terjadi di segmen low multi purpose vehicle atau mobil keluarga versi terendah.

Suku Cadang Buatan Indonesia Laku Keras di Luar Negeri

Sebab, industri otomotif dalam negeri telah kedatangan pemain baru dari Tiongkok, yakni PT SAIC General Motor Wuling. Tahun ini, mereka telah memperkenalkan mobil keluarga yang menjadi segmen favorit masyarakat Indonesia.

Harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif, yakni mulai Rp130 juta hingga Rp160 juta. Untuk memesannya, pelanggan hanya perlu membayar booking fee Rp5 juta. 

10 Perusahaan Terbesar di Dunia, Ada Walmart, Amazon, dan Apple

Menanggapi hal tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia mengatakan, produk kendaraan bukan hanya soal harga jual, namun juga pelayanan.

"Saya selalu melihatnya kan satu paket ya, produk, layanan, resale value, harga itu semuakan kembali kepada customer kita memvaluenya seperti apa. Jadi saya rasa kembali lagi karena semua bervariasi jadi semuanya kembali lagi customer yang menentukan," kata Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Menperin Dukung Industri Modifikasi Kendaraan

Hendry juga mengatakan, pihaknya mengembalikan lagi kepada pilihan konsumen. Hadirnya produk baru juga diniilai sebagai dinamika yang tidak dapat dihindari.

"Produk movement bukan hanya terjadi tahun ini. Jadi itu kan dinamika yang terjadi. Kami tetap kembalikan kepada customer, mobil mana yang cocok untuk kebutuhan mereka," ujarnya.

Seperti diketahui, Toyota Avanza dikenal dengan sebutan “mobil sejuta umat” karena menyandang predikat sebagai mobil paling laris.  Populasi Avanza juga sudah menembus angka 1 juta unit sejak tahun 2015 lalu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya