Gaikindo Belum Tahu Program Mobil Murah Jilid Dua

Mobil LCGC Daihatsu Sigra.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berencana melanjutkan Program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar (KBH2) atau yang lebih dikenal dengan sebutan low cost green car (LCGC).

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Nantinya, program tersebut berbeda jalur dengan program lain yang juga tengah diagendakan, yakni low carbon emission vehicle (LCEV) atau kendaraan rendah emisi. Jadi, program LCEV terus berjalan, LCGC jilid kedua juga terus berjalan.

Terkait rencana program mobil murah jilid II ini, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johanes Nangoi rupanya masih belum mendapatkan informasi detailnya.

Segini Harga Seken Mobil Termurah di Indonesia

"Saya terus terang belum menguasai secara detail ya, rencana pemerintah yang itu. Jadi mohon maaf saya belum bisa kasih tanggapan ya. Tapi kalau bicara LCGC sampai saat ini kan masih berjalan dengan baik," kata dia saat dihubungi VIVA.co.id.

LCGC jilid dua ini menurut skema bakal ditawarkan sebagai mobil yang jauh lebih irit dari LCGC tahap pertama yang telah banyak beredar di jalanan. Jika dalam aturan LCGC jilid pertama kendaraan wajib mendapat efisiensi bahan bakar 20 kilometer per liter, pada LCGC jilid kedua akan lebih dari itu.

Terpopuler Otomotif: Honda PCX 160 Terbaru Hadir di RI, Mobil Murah dan Irit BBM Terlaris

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronik, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, program ini masih dalam proses pembahasan bersama Kementerian Keuangan. (art)

MG2 Render

Persaingan Mobil Listrik Murah Diprediksi Memanas, MG Siap Ikut

Pada 2025 mendatang, persaingan di segmen mobil listrik murah diprediksi bakal memanas. Pasalnya, Morris Garage (MG) disebut siap menghadirkan produk baru.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024