Pemuda Ini Modifikasi Moge Jadi Motor Listrik

Sytse Tacoma dan motor listriknya.
Sumber :
  • Stuff

VIVA.co.id - Seorang pemuda di Marlborough, Selandia Baru, mengubah mesin konvensional motornya menjadi berpenggerak listrik. Sytse Tacoma menghabiskan cukup banyak waktu di garasi rumahnya, untuk mencari cara baru menghemat energi bahan bakar kendaraan.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Mengambil jurusan teknik mesin di Universitas Canterbury, membuat pria berusia 25 tahun ini memiliki keinginan untuk melakukan hal baru terhadap sepeda motor miliknya.

"Saya hanya berpikir, harus ada cara yang lebih baik untuk bepergian. Teknologi listrik tersedia, tapi tidak ada yang melakukannya di Selandia Baru. Jadi saya pikir, lebih baik untuk menunjukkannya di Selandia Baru, bahwa teknologi ini bekerja," ujarnya, seperti dilansir Stuff, Selasa, 8 Desember 2015.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Tacoma mencopot mesin motor Aprilia SR250 miliknya. Ruang yang kosong kemudian diisi dengan motor listrik dan baterai berjenis lithium-ion. Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga hingga 65 daya kuda.

"Motor ini punya charger. Anda hanya membutuhkan biaya NZ$1,5 (setara dengan Rp13.700) untuk mengisi baterai, dan mampu menempuh jarak 120 kilometer," ujarnya menjelaskan.

Alasan Motor Custom Begitu Digandrungi Artis Indonesia

Penemuan yang dilakukan Tacoma menyita banyak perhatiaan publik, karena biaya untuk membuatnya tergolong murah dan minim perawatan. Sayangnya tidak dijelaskan, berapa biaya yang ia habiskan untuk mengubah mesin ini.

"Ini sangat murah untuk dikendarai. Tidak ada piston, tidak ada minyak, hanya ada sekelompok baterai dan motor, serta tidak ada pemeliharaan," kata Tacoma.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya